Festival Sufi Rang Internasional India ke-15 Tahun 2022 Dimulai

sufinews.com. Sebuah festival sufi diselenggarakan di Ajmer Sharif, India mulai 1- 7 Oktober 2022. Festival Sufi Rang Internasional India (ISFI) tahunan ini adalah pesta peringatan untuk menghormati Hazrath Khwaja Moinuddin Chishty, seorang ulama masyhur tarekat Chistiyah di India.

Festival Sufi Internasional ke-15 ini diorganisir oleh Haji Syed Salman yang Ketua Chishty Foundation, sebuah organisasi yang berbasis di Ajmer Sharif. Festival yang puncaknya pada 7 Oktober ini akan dilakukan untuk mengingat ajaran Khwaja Moinuddin Chishty yang salah satu inti ajaran ajarannya berbicara tentang penyatuan jiwa manusia dengan Yang Maha Esa (Tuhan) melalui media musik sufi. Maka tidak heran kalau dalam festifal ini pertunjukan musik dan tarian berlimpah.

ISFI diakui sebagai acara yang menarik secara visual. Festival ini menyatukan musik Sufi, tari, lukisan, buku, dan film. Dalam festival ini ada Rang-e-Raqs sebuah pameran lukisan sufi, kaligrafi Islam, dan seni abstrak dengan menampilkan banyak karya seniman dari India dan sekitarnya. Selain itu, seni abstrak mistik oleh Begum Gulshaa yang berbicara tentang perjalanan spiritual kebangkitan dan pembersihan diri internal.

Menurut penyelenggara festival seni, Yusuf Hussain Gori, tahun ini kegiatan tersebut meliputi partisipasi 40 pelukis dari berbagai negara bagian India, serta karya-karya kanvas cetak digital seniman dari negara lain. Acara ini juga menjadi perayaan cinta ilahi dengan seni sakral, kaligrafi, musik spiritual, puisi, pesan perdamaian dan harmoni dari kota Ajmer Sharif kepada dunia. Acara ini juga akan melihat partisipasi 40 seniman dari berbagai bagian India dan 40 koleksi karya seni suci dari berbagai negara bersama dengan musisi sufi terkenal.

Kota Ajmer Sharif merupakan salah satu tempat yang dianggap suci di India tidak hanya untuk muslim saja, namun juga penganut Hindu, Jain, Kristen dan lainnya. Di Kota ini ada makam Gharib Nawaz Moinuddin Chishti yang meruapakan lambang harmoni dan spiritualitas. Maka dari itu Ajmer dianggap sebagai kota Dargah dianggap yang memiliki kontribusi besar dalam menyebarkan nilai-nilai etis dan spiritual Islam antar umat beragama. Aroma toleransi spiritual terlihat di kota ini. Sebagian ada orang berdoa dan berzikir, di sisi lainnya terlihat ada membakar dupa dan menabur bunga. Mereka tidak mempedulikan suasana sekitarnya, masing-masing semuanya dengan aktivitas spiritualnya. ( Dari berbagai sumber)

http://www.sufinews.com/festival-sufi-rang-internasional-india-ke-15-tahun-2022-dimulai/