LADUNI.ID, Jakarta – Sholawat termasuk pintu teragung untuk memasuki peluang istijabah dari Allah SWT. Baginda Nabi Muhammad Shalallahu ‘Alaihi Wasalam sendiri menjelaskan hal tersebut sebagaimana hadis yang diriwayatkan dari Ubay bin Ka’ab ra. ketika bertanya kepada beliau, “Wahai Rosululloh, aku hendak memperbanyak bacaan sholawat kepadamu, maka berapa banyakkah yang harus aku lakukan dari sholawatku itu?”. Nabi Muhammad SAW. menjawab, “Terserah kamu.” Ubay menawarkan, “Seperempatnya?” “Terserah kamu, kalau kamu mau menambah itu lebih baik bagimu,” jawab Nabi Muhammad Shalallahu ‘Alaihi Wasalam. Ubay menawarkan lagi, “Sepertiganya?” “Terserah kamu, kalau kamu mau menambah itu lebih baik bagimu,” jawab Nabi saw. Ubay bin Ka’ab akhirnya berkata, “Aku jadikan seluruhnya untukmu.”. (HR. Ahmad, Tirmidzi dan Hakim).
Sholawat Masyisyiyah merupakan bacaan sholawat seperti yang lainnya. Keunikan sholawat ini terletak pada kalimat-kalimat yang disusun oleh pengarangnya mewakili perasaan seseorang yang sedang mabuk cinta kepada manusia pilihan, baginda Nabi Muhammad Shalallahu ‘Alaihi Wasalam. Dan bila pembaca menghayatinya maka akan terhanyut dalam suasana perasaan yang terbangun dari kekuatan cinta sang pengarang kepada baginda Nabi Muhammad Shalallahu ‘Alaihi Wasalam.
Di antara kaum muslimin ada yang menilai bahwa sholawat Masyisyiyah termasuk bacaan sholawat yang berlebih-lebihan terhadap baginda Nabi Muhammad Shalallahu ‘Alaihi Wasalam. Namun bila kita memahami makna dari sholawat tersebut, sama sekali kita tidak akan menemukan bentuk bacaan yang berlebih-lebihan di dalamnya. Kita akan tahu batasan Kholik dan makhluk, tanpa harus menjadi syirik di saat membacanya.
Shalawat ini merupakan shalawat agung yang merupakan karya Syekh Abdus Salam Ibn Masyisy. Dalam kitab Afdhalush Shalawat ‘Alaa Sayyidis Saadaat karya Sayyidi Asy-Syekh Yusuf bin Ismail An-Nabhani , dijelaskan bahwasanya shalawat ini merupakan salah satu diantara bentuk shalawat yang sangat terkenal serta memilik keutamaan dan kesakralan. Nama lengkap Syekh Ibnu Masyisy adalah Sayidina Syekh. Abu Abdillah Abdussalam Ibn Masyisy Ibn Abi Bakar Ibn Ali Ibn Hurmah Ibn Isa Ibn Salam Ibn Mizwar Ibn Ali Ibn Haidarah Ibn Muhammad Ibn Idris al-Azhar (almatsana) Ibn Idris al-Akbar Ibn Abdullah al-Kamil Ibn al-Hasan al-Mutsanna Ibn al-Hasan Ibn Ali bin Abi Thalib suami Fatimah az-Zahra putri Rasulullah. Syekh Ibnu Masyisy lahir pada tahun 559 H. Wafat pada tahun 662 H.
Sholawat Masyisyiyah Untuk menghindari gangguan ghaib, terlebih gangguan Tuyul, santet dll maka di antara SHOLAWAT yang ampuh adalah dengan membaca “Sholawat Masyisyiyah”, disamping sholawat tersebut mempunyai Fadhilah yang luar biasa, Sholawat Masyisyiyah juga memiliki keistimewaan luar biasa. Barangsiapa yang membaca Sholawat Masyisyiyah 10 kali, maka Insyaallah urusan rizkinya akan di mudahkan oleh Allah,.
Untuk menangkal gangguan thuyul, ada beberapa kaifiyah dalam membaca Sholwat tersebut,. di antara kaifiyahnya adalah dibaca setelah menunaikan Sholat Subuh sebanyak Tujuh kali di dalam rumah, selanjutnya sebagai berikut :
1. Bertawasul atas Nabi Muhammad Shalallahu ‘Alaihi Wasalam
2. Bertawasul atas Syaikh Abdul Qodir Al Jilani
3. Bertawasul atas Syaikh ‘Abdis Salam bin Masyisy Alhasny
4. Kemudian membaca Sholawat Masyisyiyah sebanyak 7 kali,.
Berikut bacaan sholawat tersebut.
اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مَنْ مِنْهُ انْشَقَّتِ الأسْرَارُ. وَانْفَلَقَتِ الأنْوَارُ. وَفِيهِ ارْتَقَتِ الْحَقَائِقُ. وَتَنَزَّلَتْ عُلُومُ آدَمَ فَأعْجَزَ الْخَلاَئِقِ. وَلَهُ تَضَاءَلَتِ الْفُهُومُ فَلَمْ يُدْرِكْهُ مِنَّا سَابِقٌ وَلاَ لاَحِقٌ. فَرِيَاضُ الْمَلَكُوتِ بِزَهْرِ جَمَالِهِ مُونِقَةٌ. وَحِيَاضُ الْجَبَرُوتِ بِفَيْضِ أنْوَارِهِ مُتَدَفِّقَةٌ. وَلاَ شَيْءَ إِلاً وَهُوَ بِهِ مَنُوطٌ. إِذ لَوْلاَ الْوَاسِطَةُ لَذَهَبَ كَمَا قِيلَ الْمَوْسُوطُ. صَلاَةً تَلِيقُ بِكَ مِنْكَ إِلَيْهِ كَمَا هُوَ أهْلُهُ اللَّهُمَّ إِنَّهُ سِرُّكَ الْجَامِعُ الدَّالُ عَلَيْكَ. وَحِجَابُكَ الأعْظَمُ الْقَائِمُ لَكَ بَيْنَ يَدَيْكَ. اللَّهُمَّ ألْحِقْنِي بِنَسَبِهِ. وَحَقِّقْنِي بِحَسَبِهِ. وَعَرِّفْنِي إِيَّاهُ مَعْرِفَةً أسْلَمُ بِهَا مِنْ مَوَارِدِ الْجَهْلِ. وَأكْرَعُ بِهَا مِنْ مَوَارِدِ الْفَضْلِ. وَاحْمِلْنِي عَلَى سَبِيلِهِ إِلَى حَضْرَتِكَ. حَمْلاً مَحْفُوفاً بِنُصْرَتِكَ. وَاقْذِفْ بِيَ عَلَى الْبَاطِلِ فَأدْمَغَهُ وَزُجَّ بِي فِي بِحَارِ الأحَدِيَّةِ وَانْشُلْنِي مِنْ أوْحَالِ التِّوْحِيدِ وَأغْرِقْنِي فِي عَيْنِ بَحْرِ الْوَحْدَةِ حَتَّى لاَ أرَى وَلاَ أسْمَعَ وَلاَ أجِدَ وَلاَ أُحِسَّ إِلاً بِهَا وَاجْعَلِ الْحِجَابَ الأعْظَمَ حَيَاةَ رُوحِي وَرُوحِهِ سِرَّ حَقِيقَتِي وَحَقِيقَتِهِ جَامِعَ عَوَالِمِي بِتَحْقِيقِ الْحَقِّ الأوَّلِ يَا أوَّلُ يَا آخِرُ يَا ظَاهِرُ يَا بَاطِنُ اسْمَعْ نِدَائِي بِمَا سَمِعْتَ نِدَاءَ عَبْدِكَ زَكَرِيَّا وَانْصُرْنِي بَِ لَكَ وَأيِّدْنِي بِكَ لَكَ وَاجْمَعْ بَيْنِي وَبَيْنَكَ وَحُلْ بَيْنِي وَبَيْنَ غَيْرِكَ الله الله الله إِنَّ الَّذِي فَرَضَ عَلَيْكَ الْقُرْآنَ لَرَادُّكَ إِلَى مَعَادِ رَبَّنَا آتِنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً وهيئ لَنَا مِنْ أمْرِنَا رَشَداً إِنَّ الله وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيماً.
وَسَلاَمُهُ وَتَحِيَّاتُهُ وَرَحْمَاتُهُ وَبرَكَاتُهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ عَبْدِكَ وَرَسُولِكَ صَلَوَاتُ اللهِ
النَّبِىِّ الأُمِّىِّ وَعَلَى آلِه وَصَحْبِهِ عَدَدَ الشَّفْعِ وَالْوَتْرِ وَعَدَدَ كَلِمَاتِ اللهِ
التَّامَّاتِ الْمُبَارَكَاتِ سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُونَ وَسَلامٌ عَلَى
الْمُرْسَلِينَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رب العالمين
Allahumma shalli ‘alaa man minhun syaqqatil asraar, Wan falaqatil anwaar, wa fiihir taqatil haqaaiq Wa tanazallat ‘uluumu sayyidinaa aadama alaihis salaam fa a’jazal khalaaiq Wa lahu tadhaa alatil fuhuumu falam yudrik-hu minnaa saabiquw wa laa laahiq Fari yaa dhul malakuuti bizahri jamaalihi muuniqah wa hiyaadhul jabaruuti bifaydhi anwaarihi mutadaffiqah Wa laa syay-a illa wa huwa bihi manuuth Idz lawla waa sithatu ladza haba kamaa qiilal mawsuuth Shalaatan taliiqu bika minka ilayhi kamaa huwa ahluh Allahumma inaahu sirrukal jaami’ud daallu ‘alayk Wa hijaabuka a’zhamu’l qaa-imulaka bayna yadayk Allahumma alhiqnii binasabih wa haqqiqnii bi hasabih Wa ‘arrifnii iyyahu ma’rifatan aslamu bihaa min mawaaridil jahl Wa akra’u bihaa min mawaaridil fadhl Wahmilnii ‘alaa sabiilihi ilaa hadhratik Hamlan mahfuufan binushratika waqdzif bii ‘alal baathili fa-admaghah wa zujjabii fii bihaari’ ahadiyyah wansyulnii min awhaalit-tawhiid wa aghriqnii fii ‘ayni bahril wahdah hatta laa araa wa laa asma’a wa laa ajida wa laa uhissa illaa bihaa waj’allahummal hijaaba a’zhama hayaata ruuhii wa ruuhahu sirra haqiiqatii wa haqiiqatahu jaami’a ‘awaalimi bitahqiiqil haqqi awwal yaa awwalu yaa aakhiru yaa zhaahiru yaa baathin isma’ nida-ii bimaa sami’ta bihi nidaa-a ‘abdika sayyidinaa Zakariyya ‘alayhis salaam wan shurnii bika laka, wa ayyidnii bika laka, wajma’ baynii wa baynaka wa hul bayni wabayna ghayrika, Allah Allah Allah Innal-ladzii faradha ‘alaykal qur’aan laraadduka ilaa ma’aad Rabbanaa aatinaa min ladunka rahmah Wa hayyi’lanaa min amrinaa rasyadaa (3 kali) Innallaaha wa malaaikatahu yushalluna ‘alan-nabiyy Yaa ayyuhal ladziina amanuu shallu ‘alayhi wa sallimuu tasliima Solawatulloohi wa salaamuhuu wa tahiyyatuhuu wa rohmatuhuu wa baraakatuhuu ‘alaa sayyidina muhmammadin ‘abdika wa rosuulikan nabiyyil ummyyi wa ‘alaa aalihii wa shohbihii ‘adadasy syaf’i wal watri, wa ‘adada kalimaatillahit taammaatil mubaarokaati. Subhaana rabbika rabbil ‘izzati ‘ammaa yashifuun wa salaamun ‘alal mursaliina wal hamdulillaahi rabbil ‘aalamiina.
Artinya:
Ya Alloh, Anugerahkan kesejahteraan atas seorang nabi (Nabi Muhammad SAW) yang darinya menjadi tersingkap setiap rahasia, menjadi terbit setiap cahaya. Dan padanya menjadi naik setiap hakikat, menjadi turun (bertahap) setiap ilmu Adam AS, membuat tidak kuasa setiap makhluq. Dan untuknya dijadikan kecil setiap pengetahuan hingga tidak ada satupun orang yang mengejar dan menyusul dari kita yang mampu mencapainya. Taman-taman malakut menjadi indah dengan pesona bunga ketampanannya. Telaga-telaga jabarut menjadi tumpah ruah dengan limpahan cahayanya. Tidak ada sesuatupun kecuali ia bergantung kepadanya. Bila tanpa wasithahnya (Perantara) niscaya hilang segala yang ada dan terjadi dikarenakan keberadaannya. Ya Alloh anugerahkanlah kesejahteraan atasnya. kesejahteraan yang sesuai dengan-Mu, yang datanya dari Mu untuk dianugerahkan kepadanya sebagaimana ia pantas menyandangnya. Ya Alloh, Sesungguhnya dia (Muhammad) adalah rahasia yang mencakup segala sesuatu, yang menunjukkan jalan menuju engkau, dan dia adalah hijab-Mu yang teramat agung, yang berdiri lurus di hadapan-Mu. Ya Alloh sertakanlah aku dengan menisbatkan diriku padanya, nyatakanlah aku dengan kemuliayaan leluhurnya, kenalkanlah diriku kepadanya dengan pengetahuan yang menyelamatkanku dari sumber ketidaktahuan dan mendekatkanku kepada sumber keutamaan. Bawalah aku diatas jalannya menuju kehadirat-Mu dengan penyertaan yang penuh harap terhadap pertolongan-Mu. Lepaskanlah aku atas kebatilan hingga dapat melenyapkannya. Lemparkan aku dalam samudra pengesaan, angkatlah aku dari lumpur tauhid, tenggelamkanlah aku dalam lautan keEsaan hingga aku tak dapat melihat, tidak mendengar, tidak menemukan dan tidak merasakan apapun kecuali dengannya. Jadikanlah Ya Alloh, hijab yang teramat Agung itu menjadi kehidupan roh ku, dan roh-nya menjadi rahasia hakikatku, kemudian hakikatnya menjadi menjadi cakupan alamku dengan menyatakan Al-Haq (Yang Maha Benar) Al-Awwal (Yang Maha terdahulu) . Wahai Zat yg Maha Awal, Wahai Zat yang Maha Akhir, Wahai Zat yang Maha Tampak, Wahai Zat yang Maha Tersembunyi, dengarlah seruanku sebagaimana engkau pernah mendengar seruan hamba-Mu, Zakaria Alaihi sholatu wassalam. Tolonglah aku dengan Izin-Mu untuk ta’at kepada-Mu dan kuatkanlah aku dengan izin-Mu untuk ta’at kepada-Mu, pertemukan aku dengan Engkau dan pisahkanlah dengan selain engkau. Ya Allohu, Ya Allohu, Ya Allohu
Sesungguhnya yang mewajibkan atas-Mu (melaksanakan aturan-aturan) Al-Qur’an, benar-benar akan mengembalikan kamu ketempat kembali (Qs. 28:85).
Wahai Tuhan Kami, berikanlah Rahmat pada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami ini (Qs. 18:10).
Ya Alloh Tuhan kami berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan peliharalah kami dari siksa api neraka (Qs. 2:201).
Sesungguhnya Alloh dan para malaikat bersholawat untuk Nabi Muhammad SAW. (maka) Wahai orang-orang yang beriman bersholawatlah kalian untuk Nabi Muhammad SAW, dan ucapkanlah salam penghormatan padanya (Qs. 33:56).
Penjelasan:
Dalam kitab Afdhalush Shalawat ‘Alaa Sayyidis Saadaat dijelaskan mengenai shalawat masyisiyah sebagai berikut:
هذه صلاة سيدي عبد السلام بن مشيش وهي من أفضل الصيغ المشهورة ذات الفضل العظيم. قال العلامة السيد محمد عابدين صاحب حاشية الدر في ثبته صلاة الشيخ الإمام القطب العارف بالله تعالى والدال عليه ذي الطريقة السنية المستقيمة والأحوال السنية العظيمة شريف النسب وأصيل الحسب سيدنا ومولانا السيد الشريف عبد السلام بن بشيش يقال بالباء في أوله وبالميم الحسني المغربي التي أولها اللهم صلى على من منه انشقت الأسرار وانفلقت الأنوار الخ
Artinya:
“Shalawat di atas ini merupakan shalawat milik Sayyidi Asy-Syekh Abdus Salaam ibn Masyisy dan beliau merupakan salah satu di antara sighat shalawat yang paling utama dan terkenal serta memiliki keutamaan yang agung. As-Sayyid Muhammad Abidin, penulis Hasyiyah ad-durr dalam catatannya yang diberikan untuk mengomentarai shalawat ini mengatakan, “Pemilik shalawat ini merupakan seorang imam yang Mengenal Allah, pemilik jalan yang luhur dan lurus, yang bertahtakan ketulusan dan keagungan, berasal dari keturunan yang terhormat, junjungan kami, Sayyidina wa Maulana As-Sayyid Asy-Syarif Abdussalaam bin Basyisy atau Al-Masyisy Al-hasani Al-Maghribi, shalawat tersebut yaitu: Allaahumma Shalli ‘Alaa Man Minhun Syaqqatil Asraar wan falaqatil anwar dan seterusnya.
Bagaimana hukum membaca wirid Masyisyiyah karangan Imam Abdussalam Al-Masyisyi, guru Imam Abdul Hasan Asy-Syadzili dengan panjang alifnya Aallah, Aallah, Aallah, dengan berhenti pada tiap-tiap kalimat, tiga kali. Sementara orang yang mengerti, bahwa panjangnya hamzah itu untuk bersumpah untuk mengharapkan diterimanya doa, menurut hadits yang artinya: “Sementara hamba Allah ada yang sewaktu sumpah harus melaksanakan sumpahnya.”, seperti dalam Hizib Syadzili berbunyi: Inqatha’at aamaalunaa wa ’izzatika illaa minka, wakhaba rajaunaa wahaqqika illaa fiika, tetapi kebanyakan orang tidak mengerti, apakah pasti boleh membaca panjang hamzahnya atau tidak? Keterangan dari Muktamar, karena para ulama di Martapura telah berselisih dalam hal itu.
Sesungguhnya membaca Aallah, Aallah dalam Shalawat Masyisyiyah dengan pendek hamzahnya atau panjang itu hukumnya boleh (jaiz). Apabila dibaca panjang, maka hamzahnya yang disambung dengan hamzah ta’rif itu untuk bersumpah sebagaimana dalam hadis Muslim yang berbunyi: “Aallah maa aradhtu maa’aradhtu illaa wahidatan”, maka berkata: “Aallah maa aradhtu illa wahidatan”, dan siapa yang mendapat ijazah dari guru dengan panjang untuk memperkuat doa dengan sumpah, maka harus membaca dengan panjang, dan sumpah sebagaimana hadis tersebut dalam soal. Putusan ini sama dengan jawaban Al-‘Allamah Syaikh Sa’id bin Muhammad Al-Yamani, seorang pengajar di Masjidil Haram Makkah.
Demikian, semoga bermanfaat. Wallahu a’lam bi shawab.
___________
Catatan: Tulisan ini terbit pertama kali pada Sabtu, 9 Juni 2018 . Tim Redaksi mengunggah ulang dengan melakukan penyuntingan.
Editor : Sandipo
Sumber: Ahkamul Fuqaha no. 144 KEPUTUSAN MUKTAMAR NAHDLATUL ULAMA KE-8 Di Jakarta Pada Tanggal 12 Muharram 1352 H. / 7 Mei 1933 M.
https://www.laduni.id/post/read/28354/shalawat-masyisiyah-beserta-khasiatnya.html