Griya Baca Alima, dari Literasi Keluarga untuk Dunia

1 0

Read Time:2 Minute, 21 Second

GRIYA BACA ALIMA merupakan perpustakaan berbasis komunitas atau taman bacaan masyarakat. Griya Baca Alima didirikan dan dikelola oleh pasangan suami istri, Masyhari dan Eni Ratnawati.

Nama Alima (A5) diambil dari nama putra-putri pendiri yang berjumlah 5 anak, yaitu M. Nabil Al-Fatih, Zahwa Al-KayyisahAlinka Cahyaning Berlian, Shakeer Almas Ramadan, dan Shaakira Achla Ramadania.

Griya Baca Alima dibuka secara resmi pada pada Ahad tanggal 8 Maret 2021 bersamaan dengan peluncuran website rumahbaca.id dan KKN Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah Institut Agama Islam Cirebon.

Griya Baca Alima tergabung dalam Forum Pegiat Literasi Kabupaten Cirebon, sebuah forum yang menaungi komunitas pegiat literasi di kabupaten Cirebon Jawa Barat.

Latar Belakang dan Tujuan Pendirian

Saat Indonesia sedang terkena gelombang pandemi Covid-19, banyak anak sekolah yang dirumahkan dengan belajar mandiri di rumah secara online. Fenomena ini menyisakan banyak permasalahan. Maka, adanya rumah baca diharapkan bisa menjadi alternatif bagi pendidikan anak-anak di tengah masyarakat.

Tujuan didirikannya Griya Baca Alima yaitu untuk mengimbangi geliat modernisasi yang semakin pesat. Hal ini dilihat dari fenomena anak-anak sekarang yang lebih dekat dengan hape dan gadget ketimbang buku dan aktivitas sosial. Banyak orang tua yang mengkhawatirkan anak-anaknya. Apalagi, di tengah belajar daring masa pandemi, anak-anak sulit dikontrol dan diatur jadwalnya.

Dengan adanya Griya Baca Alima diharapkan anak-anak bisa memiliki alternatif kegiatan yang edukatif.

Program Kegiatan

Berdasarkan tujuan-tujuan tersebut, Griya Baca Alima sebagai sarana alternatif untuk menyalurkan minat, bakat, kreatifitas dan imajinasi anak.

Program Griya Baca Alima yaitu melakukan pendampingan anak dalam belajar membaca, pelatihan menulis, mading, baca cerita, game edukatif, event penulisan, dan lain sebagainya.

Griya Baca Alima juga mengadakan lomba menulis cerita, membaca puisi, juga menggambar dan mewarnai, sesuai dengan jenjang usia dan minat anak-anak.

Selain itu, Griya Baca Alima dalam waktu dekat akan membuka bimbingan belajar membaca al-Quran bagi anak-anak dan dewasa dengan menggunakan metode Qiroati.

Sarana, Prasarana dan Koleksi

Griya Baca Alima saat ini berada di ruang depan dan teras rumah pribadi pengelola. Sarana dan prasara yang ada merupakan milik pribadi, berupa 1 buah lemari dan 2 buah rak buku.

Koleksi buku Griya Baca Alima terdiri dari buku bacaan, dengan segmen mulai dari anak-anak hingga dewasa dan umum, yang terdiri dari novel, cerita bergambar, komik, buku ilmiah, buku populer, kajian keislaman, dan lain sebagainya.

Kebanyakan buku merupakan koleksi pribadi pengelola, dan sebagian lainnya berasal dari donasi berbagai pihak yang tidak mengikat, baik dari lembaga maupun perseorangan.

Griya Baca Alima juga mengelola media online rumahbaca.id, yang ditujukan untuk menampung tulisan-tulisan edukatif seperti, artikel, opini, esai, cerpen, dan berita khususnya terkait dunia literasi, budaya, kajian keislaman, sosial, dan pendidikan.

Alamat

Griya Baca Alima beralamat di Perumahan Taman Weru Permai Grand Imperium Blok F3 No. 5 Gang Cendana 2 desa Weru Kidul Kecamatan Weru Kabupaten Cirebon. Untuk mengunjunginya, silakan klik di sini.

About Post Author

Editor: Masyhari

Founder rumahbaca.id, pembina UKM Sahabat Literasi IAI Cirebon

Happy

Happy

0 0 %

Sad

Sad

0 0 %

Excited

Excited

0 0 %

Sleepy

Sleepy

0 0 %

Angry

Angry

0 0 %

Surprise

Surprise

1 100 %