Mengenal Kurikulum Operasional Madrasah

0 0
Read Time:4 Minute, 47 Second

Oleh A. Rusdiana

KURIKULUM OPERASIONAL MADRASAH (KOM) adalah Kurikulum Operasional Madrasah. Di dalam Kurikulum Merdeka KOM menjadi acuan dasar pembelajaran di sebuah satuan pendidikan. KOM merupakan rencana proses belajar di madrasah sebagai pedoman seluruh penyelenggaraan pembelajaran. KOM dikembangkan sesuai dengan struktur kurikulum dan standar yang telah ditetapkan pemerintah.

Sebelum menuju ke KOM ada baiknya memahami hal-hal yang terkait dengan implementasi kurikulum merdeka, yakni pertama, memahami garis besar kurikulum merdeka. Kedua, memahami pembelajaran dan asesmen. Ketiga memahami pengembangan kurikulum operasional madrasah, dan keempat, memahami pengembangan Projek Penguatan Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin.

Di dalam Panduan Pengembangan Kurikulum Operasional Madrasah ini dikembangkan dari Panduan Pengembangan Kurikulum Operasional di Satuan Pendidikan, Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia. Madrasah merupakan sekolah umum berciri khas agama Islam. Hal ini berkonsekuensi apa yang diatur dalam pandauan Kemendikbudristek berlaku juga di madrasah, namun dengan beberapa adaptasi disesuaikan dengan karakteristik, kekhasan dan kebutuhan madrasah. Nilai-nilai agama Islam diintegrasikan dalam penyusunan kurikulum untuk menumbuhkan jati diri dan kekhasan madrasah.

Dengan demikian, nilai-nilai agama menjadi warna dalam cara berpikir, bersikap dan bertindak ketika menyikapi situasi pendidikan dengan kebijakan dan praksis pendidikan di madrasah.

Untuk pertamakali ini, disajikan beberapa hal yang berkaitan dengan KOM, di antaranya:

Pertama: Itu Kurikulum Operasional Madrasah?

Kurikulum Operasional Madrasah (KOM) merupakan suatu panduan yang disusun oleh madrasah untuk mengatur proses pembelajaran dan pengajaran. KOM didesain untuk mencakup aspek-aspek penting dalam pendidikan, seperti tujuan pendidikan, struktur kurikulum, metode pengajaran, evaluasi, dan pengembangan diri peserta didik.

Kedua: Konsep Penyusunan KOM

Kerangka dasar kurikulum yang ditetapkan oleh pemerintah pusat tetap mengacu kepada Tujuan Pendidikan Nasional dan SNP. Dalam penyusunan KOM turunan dari SNP adalah struktur kurikulum, Capaian pembelajaran dan Prinsip Pembelajaran dan Asesmen. Kesemuanya itu  dibuat fleksibel dan dinamis. Disesuaikan dengan karakteristik madrasah. Konsep penyusunan KOM ini tentu saja harus disesuaikan dengan visi misi madrasah dan konteks serta kebijakan lokal di madrasah tersebut. Dan dikembangkan sesuai dengan karakter madrasah secara mandiri.

Ketiga: Prinsip Dasar Penyusunan KOM

Prinsip dasar penyusunan KOM berpusat pada peserta didik, yakni pembelajaran harus memenuhi keragaman potensi, kebutuhan perkembangan dan tahapan belajar, serta kepentingan peserta didik. Kontekstual, menunjukkan kekhasan dan sesuai dengan karakteristik madrasah, baik sosial budaya dan lingkungan yang menunjukkan karakteristik tersendiri. Esensial, memuat seluruh unsur informasi penting yang dibutuhkan madrasah. Akuntabel, bisa dipertanggungjawabkan karena berbasis data yang aktual. Melibatkan berbabagi pemangku kepentingan, antara lain orang tua, organisasi di bawah koordinasi dan supervisi dari kementerian agama. Pemerataan dan peningkatan mutu, supaya kesempatan layanan Pendidikan dan peningkatan mutu Pendidikan yang diperoleh siswa secara merata dan dapat diakses oleh semua peserta didik.

Keempat: Langkah Penyusunan KOM

Pada madrasah yang masih belum pernah Menyusun KOM perlu diperhatikan hal-hal berikut ini:

  1. Menganalisis konteks Karakteristik madrasah
  2. Merumuskan Visi Misi Tujuan
  3. Menentukan pengorganisasian pembelajaran
  4. Menyusun Rencana Pembelajaran
  5. Merancang pendampingan, evaluasi dan pengembangan profesional

Di dalam Panduan Pengembangan Kurikulum Operasional Madrasah ini memuat tentang; konsep kurikulum operasional madrasah, prinsip yang harus diperhatikan dalam proses pengembangan dan komponen-komponen kurikulum operasional madrasah yang harus dipenuhi. Ada 4 (empat) komponen kurikulum operasional untuk mengatur sistem pembelajaran yaitu; 1) analisis karakteristik madrasah, 2) penyusunan visi, misi dan tujuan Madrasah, 3) pengorganisasian pembelajaran dan 4) perencanaan pembelajaran dan proses berpikir. Panduan kurikulum pada madrasah ini juga sudah diadaptasi dengan prinsip inklusifitas dalam layanan pendidikan di madrasah. Hal ini sejalan dengan arah kebijakan pendidikan Islam inklusif yang komitmen memberikan layanan pendidikan tanpa diskriminasi dan setara untuk semua anak bangsa. Silakan unduh Panduan Pengembangan Kurikulum Operasional Madrasah (KOM) DISINI.

Struktur Kurikulum Operasional pada Madrasah yang memuat 5 BAB, yakni Pendahuluan, Visi misi dan Tujuan, Pengorganisasian Pembelajaran yang berisi (Intrakurikuler, Ekstrakurikuler, P5 -RA, Program pendukung, Strategi Pembelajaran, Penilaian pembelajaran dan Kalender Pendidikan), Penutup dan Kesimpulan. Disini kami membagikan contoh KOM untuk jenjang MA dalam 2 versi. Yang pertama dalam bentuk Microsoft Word dan yang kedua dalam bentuk Microsoft Excel. Untuk Format Excel terdapat beberapa administrasi tambahan yang sudah diolah dalam bentuk aplikasi.

Wallahu A’lam Bishowab

___________________

*) Semula materi ini dijadikan Materi PenguatanPerkuliahan Lokakarya Review Perangkat Pembelajaran dan PTK-PPG dalam jabatan bagi Guru Madrasah dan PAI-LPTK Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Btch I Tahun 2023. Apabila memungkinkan dapat di publis di Mo Rumah Baca Cirebon.

Penulis:

Ahmad Rusdiana, Pada tanggal 22 Juni sd. 20 Juli 2023, telah selesai bertugas sebagai Dosen/Tutor pada Perkuliahan Lokakarya Review Perangkat Pembelajaran dan PTK-PPG dalam jabatan bagi Guru Madrasah dan PAI-LPTK Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Btch I Tahun 2023. Salah seorang Dewan pakar PERMAPENDIS Provinsi Jawa Barat Periode 2023-2007. Pemerhati Pendidikan, Pegiat Rumah Baca Tresna Bhakti, Penulis buku: Manajemen Pengembangan Kurikulum, Kebijakan Pendidikan; Pendidikan Profesi Keguruaan, Manajemen Penilaian Autententik; Manajemen Pelatihan; Inovasi Pendidikan, Manajemen, Manajemen Pendidikan Karakter, Manajemen Pendidikan nilai, Manajemen pendidikan Multikultural; Inovasi Pendidikan, Kepenpemim-pinan Pendidikan; Manjemen Perencanaan Pendidikan; Pengelolaan Pendidikan, Kewirausahaan Teori dan Praktek; Manajemen Evaluasi Program Pendidikan; Guru Besar Manajemen Pendidikan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Pendidik, Peneliti, dan Pengabdi; Pendiri dan Pembina Yayasan Sosial Dana Pendidikan Al Mishbah Cipadung Bandung yang mengembangkan pendidikan Diniah, RA, MI, dan MTs, sejak tahun 1984, serta garapan khusus Bina Desa, melalui Yayasan Pengembangan Swadaya Masyarakat Tresna Bhakti, yang didirikannya sejak tahun 1994 dan sekaligus sebagai Pendiri Yayasan, kegiatannya pembinaan dan pengembangan asrama mahasiswa pada setiap tahunnya tidak kurang dari 70 mahasiswa di Asrama Tresna Bhakti Cibiru Bandung. Membina dan mengembangkan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) TK TPA Paket A B C. Pegiat Rumah Baca Tresna Bhakti sejak tahun 2007 di Desa Cinyasag Kecamatan. Panawangan Kabupaten. Ciamis Jawa Barat. Karya Lengkap sd. Tahun 2022 dapat di akses melalui: (1) http://digilib.uinsgd.ac.id/view/creators. (2) https://www.google.com/ search? q=buku+a. rusdiana+shopee&source (3) https://play. google.com/ store/ books/author?id.

Bagikan tulisan ke: