Unduh Gratis Buku Jejak Langkah Pegiat Literasi Kabupaten Cirebon

0 0
Read Time:2 Minute, 4 Second

Tentang Buku Jejak Langkah Komunitas Pegiat Literasi Kabupaten Cirebon

Buku ini merupakan hasil semangat karya para pendiri, pengelola dan pengurus komunitas literasi se-Kabupaten Cirebon yang diwadahi oleh Forum Pegiat Literasi Kabupaten Cirebon dengan disemangati dari berbagai pengalaman, kisah nyata yang terkait dengan pergerakan semangat berliterasi, legalitas, visi misi, program kegiatan, tata tertib, sarana prasarana, prestasi dan kendala yang dihadapi, serta solusinya di komunitas literasi tersebut.

Para pegiat tersebut berangkat dari berbagai latar belakang komunitas literasi dan nama-nama yang berbeda, mulai dari rumah baca, taman baca masyarakat, pojok baca, rumah pintar, saung baca, pustaka jalanan, ruang republik literasi, hingga pegiat literasi di kampus.

Kita coba melakukan kilas balik konteks lokal Cirebon, sekitar abad ke-17 telah terjadi titik momentum pergerakan literasi secara global dalam ruang yang bernama Gotrasawala. Ini merupakan semangat nilai kebanggaan yang harus kita gerakkan secara terus-menerus untuk pengembangan literasi baik lokal Cirebon maupun dalam ruang lingkup nasional, bahkan dunia secara global.

Ini menjadi purwa juga bahwa di Cirebon gerakan literasi sudah ada dan berkembang. Sebuah tanggung jawab bersama dari hulu-hilir dan berbagai segmentasi kita untuk pengembangan dan pelestarian gerakan literasi kita secara bersungguh-sungguh.

 Secara keseluruhan, dengan terbentuknya berbagai pelayanan literasi, baik dalam wadah satuan Pendidikan Non Formal (PNF), TBM yang berdiri sendiri, ataupun yayasan, juga komunitas non PNF, keberadaan literasi yang dahulu didominasi dengan aktivitas pemberantasan buta aksara, kini bekembang ke berbagai aktivitas lainnya, seperti social, lingkungan, budaya, seni, ekonomi, dan sebagainya.

Pada dasarnya, komunitas literasi pada masa sekarang bukan sekadar tempat layanan membaca dan peminjaman buku saja, melainkan tempat berbagai aktivitas literasi sesuai dengan jenis kebutuhan setempat dan kondisi zaman.

Dengan banyaknya kelompok atau individu yang melakukan gerakan literasi dapat mengobarkan semangat nilai sadar baca buku di lingkungan masyarakat.

Selain itu, antar satu pegiat literasi dengan yang lain senantiasa saling berkoordinasi, saling menguatkan dan berkolaborasi dalam naungan Forum Pegiat Literasi Kabupaten Cirebon, dengan melakukan koordinasi yang bersifat kemitraan dengan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan daerah Kabupaten, Dispusipda Provinsi, bahkan sampai ke Perpusnas.

Lahirnya buku antologi pegiat literasi ini merupakan bukti keseriusan kerja kolektif dalam membangun gerakan bersama dalam ruang lingkup forum yang diinspirasi secara mandiri oleh para pegiat yang melakukan gerakan secara nyata di lapangan.

Semoga terbitnya buku antologi ini menjadi penyemangat bagi para pegiat untuk melakukan kegiatan literasi kolektif dan kolaboratif di masyarakat.

Literasi Cirebon Ngaton, Cirebon semakin Katon.

*) Ditulis oleh Ajis Muslim, ketua Forum Pegiat Literasi Kabupaten Cirebon sebagai pengantar buku.

Untuk mendapatkan buku tersebut dalam bentuk ebook (buku digital), silakan KLIK DI SINI.

Bagikan tulisan ke: