Biogafi KH. Muhammad Najmi Qadir, Pengasuh Pesantren As’ad Jambi

Daftar Isi

1.    Riwayat Hidup dan Keluarga
1.1  Lahir
1.2  Wafat
1.3  Riwayat Keluarga

2.    Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau
2.1  Mengembara Menuntut Ilmu
2.2  Guru-Guru Beliau
2.3  Mendirikan Pondok Pesantren

3.    Penerus Beliau
3.1  Anak-anak Beliau

4.    Perjalanan Hidup dan Dakwah
4.1  Karya-karya Beliau
4.2  Karier Beliau

5.    Referensi

1.  Riwayat Hidup dan Keluarga 

1.1 Lahir
KH. Muhammad Nadjmi Qodir, beliau dilahirkan dari orang tua yg bernama Al’Allamah KH. Abdul Qodir Ibrahim bin Al’allamah KH. Ibrahim bin Syekh Abdul Majid Jambi bin KH.M. Yusuf bin KH. Abid bin KH. Jantan bergelar sri penghulu dan beribu kandung hj. Zainab pada tanggal 18 agustus 1940.

1.2 Wafat
KH. Muhammad Nadjmi Qodir wafat karena sakit di RS Baiturrahim Kota Jambi Selasa pada 10 Januari 2023 malam. Jenazah beliau dimakamkan di pemakaman keluarga pesantren As’ad Jambi.

1.3 Riwayat Keluarga
Beliau menikah seorang wanita sholehah pilihan hatinya bernama Ulya dan dikaruniai beberapa anak.

2. Sanad Ilmu dan Pendidikan

Setelah menamatkan sekolah menengah ekonomi beliau melanjutkan sekolah menengah atas di yayasan sembilan lurah. Pada kelas 2 pindah ke SMEA 2 jakarta pd akhir masa pendidikannya beliau kuliah di fakultas ekonomi dan politik Universitas Nasional Jakarta.

2.2 Guru-Guru Beliau
KH. Abdul Qodir Ibrahim

2.3 Mengasuh Pondok Pesantren
Setelah menamatkan strata 1 beliau pulang ke Jambi utk mengabdi ilmunya yang telah di pelajari selama nengenyam pendidikan. Berawal menjadi seorang pendidik pada tahun 1964 di pondok pesantren As’ad, pada tahun 1968-1976 juga mengajar PGA madrasah tsanawiyah islam negeri dengan mata pelajaran tareh serta madrasah aliyah islam negeri dengan mata pelajaran tata negara.

Pada tahun 1999 beliau memutuskan untuk berhenti mengajar, karena pada saat itu tenaga pengajar muda bermunculan. Beliau pun fokus menjadi Ketua Yayasan Pondok Pesantren As’ad sekaligus mudir pada tahun 1984.

3. Perjalanan Hidup dan Dakwah

3.1 Karier Beliau

Karier Organisasi
Ketika diusia muda KH. Muhammad Nadjmi Qodir sudah terjun berpolitik diusung oleh partai Nahdatul Ulama yang didirikan oleh KH. Hasyim Asy’ari, dalam perjalanannya beliau pernah dipartai PPP,Golkar dan PKB. Pada tahun 1968 hingga 2009 beliau berkarir sbgai anggota DPRD provinsi dan kota di partai PKB.

Karier Profesional

  1. Pengasuh pesantren As’ad Jambi
  2. Guru MTs Negeri Jambi

4. Referensi

Serambi Jambi

https://www.laduni.id/post/read/517793/biogafi-kh-muhammad-najmi-qadir-pengasuh-pesantren-asad-jambi.html