Tingkatkan Minat Masyarakat Desa dalam Berwirausaha, Mahasiswa Ipadhaku Gelar Seminar Kewirausahaan

0 0
Read Time:2 Minute, 14 Second

Kuliah kerja mahasiswa (KKM) merupakan ajang pengabdian yang diberikan oleh mahasiswa kepada desa yang baru berkembang khususnya dalam lingkup daerah pesisir. Program KKM termasuk bagian dalam tri dharma perguruan tinggi, yang meliputi pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (13/12/2023).

Hadirnya program KKM memberikan tempat untuk mahasiswa memberikan ide pemikiran serta partisipasinya dalam melaksanakan pengembangan dan pemberdayaan masyarakat desa.

Salah satu kelompok KKM Ipadhaku 2023 Desa Limbangan menggelar seminar kewirausahaan di tengah-tengah masyarakat pedesaan, sesuai dengan tema KKM yang diambil yakni Transformasi Pendidikan dan Pelatihan untuk Kemandirian Masyarakat dalam Peningkatan Sumber Daya Manusia di Desa Limbangan.

Tema yang diambil dalam seminar tersebut yakni Jejak Karir & Kewirausahaan Bagi Pemuda untuk Masa Depan.

Seminar tersebut bertujuan untuk menumbuhkan motivasi masyarakat desa agar berani berwirausaha dan meningkatkan pemasaran produk melalui digital.

Seminar ini dihadiri oleh kelompok KKM desa Lombang, Jayalaksana, Mundu, dan masyarakat desa yang sebagian besar adalah ibu-ibu PKK dan pemuda setempat.

Ia menegaskan, desa Limbangan memiliki potensi sumber daya alam (hasil laut) yang berlimpah, mulai dari ikan asin, rajungan, cumi, dan lain sebagainya.

Seharusnya, kata dia, desa ini bisa menjadi desa mandiri, karena memiliki potensi alam yang berlimpah, hanya butuh perencanaan dan pengelolaan yang baik.

Karena itu, melalui seminar kewirausahaan ini, ia harap masyarakat desa termotivasi untuk berwirausaha meskipun produk yang sederhana.

Setelah seminar ini akan dilanjutkan dengan pelatihan pembuatan produk CUMLI (Cumi Limbangan) dengan melibatkan masyarakat dan ibu PKK dalam rencana produk ini.

Selain dikenal sebagai desa pemekaran, Desa Limbangan juga merupakan sentra produksi ikan asin. Seebab, sekitar 90% masyarakatnya menjadi nelayan.

Namun demikian, jumlah UMKM di desa Limbangan terbilang masih sedikit. Hanya satu UMKM yang berjalan yaitu produksi nugget ikan patin.

Hal inilah menjadi perhatian kelompok KKM mahasiswa IPADHAKU untuk mengusung program Seminar Kewirausahaan.

Seminar kewirausahaan ini menghadirkan narasumber Ayu Widiyana S.Pust.,M.M, ketua Forum Kewirausahaan Pemuda (FKP) Indramayu.

Seminar Kewirausahaan ini juga bekerja sama dengan pemerintah Desa Limbangan dan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK).

Sementara itu, kepala Desa Limbangan, Rasidi, menyambut baik program-program yang dilaksanakan oleh Kelompok KKM Mahasiswa IPADHAKU di Desa Limbangan.

“Kami berterima kasih karena masih memilih desa kami untuk kegiatan KKM, melalui kegiatan KKM ini mahasiswa diharapkan mampu beradaptasi dan berpartisipasi dalam pengembangan desa,” ujarnya.

Ia juga berharap kepada peserta KKM, agar mampu mempraktekkan ilmu-ilmu yang didapatkan di bangku kuliah dan memberikan manfaat bagi masyarakat.

Dalam seminar ini, ada tiga poin penting yang dibahas, yaitu, seminar kewirausahaan khusus, permodalan dan pemasaran, serta legalitas dan pengajuan label halal.

“Dengan adanya seminar ini, kami mengajak masyarakat untuk berani berwirausaha sesuai potensi lokal yang ada di desa dan bisa menjadi peluang meningkatkan perekonomian masyarakat dan dapat berkelanjutan,” pungkas Nova Wahyuni, salah satu mahasiswa KKM di desa Limbangan.[]

Bagikan tulisan ke: