Info Harian Laduni.ID: 12 Maret 2024

Laduni.ID, Jakarta – Hari ini Selasa, 12 Maret 2024 bertepatan dengan hari lahir KH. Muhammad Said Budairy, Nyai Hj. Machfudhoh Aly Ubaid dan hari wafat KH. Fattah Malang.

KH. Muhammad Said Budairy
KH. Muhammad Said Budairy lahir menjelang subuh pada tanggal 12 Maret 1936 M. Beliau merupakan anak ketiga dari pasangan KH. Budairy bin KH. Idris dengan Nyai Hj. Mutmainnah binti KH. Ali Murtadlo.

KH. Muhammad Said Budairy wafat hari Senin, 30 November 2009. Jenazah beliau dimakamkan sore hari di area pemakaman San Diego Hills, Karawang, Jawa Barat.

KH. Said menempuh pendidikan agama di Pesantren Bungkung Singosari. Sementara pendidikan umum didapat dari Madrasah lbtidaiyah Nahdlatul Ulama, Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul Ulama, dan SMA. Saat di Malang mengalami situasi sosial dan pemerintahan penuh gejolak, jalan-jalan dikuasai para ”Iaskar rakyat” pada 1947 M, Said mengungsi ke Kediri di rumah KH. Abu Suja. Di sana dia sempat mengaji.

Keterlibatan KH. Muhammad Said Budairy di NU sudah sejak kecil. Semasa kanak-kanak, beliau aktif di Athfal, organisasi kepanduan di bawah Gerakan Pemuda Ansor. Beliau juga salah satu pendiri lkatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan pada 1954 menjadi ketua cabang Kabupaten Malang.

Keaktifannya di Nahdlatul Ulama menghantarkan KH. Muhammad Said Budairy menjadi anggota DPR-GR/MPRS dari Fraksi NU. Beliau pernah menjadi anggota MPR-RI (Badan Pekerja) Praksi PPP.

Simak biografi lengkapnya di: KH. Muhammad Said Budairy

Nyai Hj. Machfudhoh Aly Ubaid
Nyai Hj. Machfudhoh Aly Ubaid lahir pada 12 Maret 1944 di Jombang. Beliau merupakan putri pertama dari empat bersaudara, dari pasangan KH. Wahab Chasbullah dan Siti Rahma. Adik-adik beliau diantaranya: Nyai Hisbiyah Rohim, Nyai Munjidah Wahab, KH. Muhammad Hasib Wahab dan KH. M. Roqib Wahab.

Masa kecil Nyai Machfudhoh adalah masa kecil yang bahagia, meskipun beliau lahir ketika Indonesia masih menjadi tanah jajahan, beliau tidak pernah merasakan susahnya jaman tersebut, seperti tidak makan dan lain sebagainya. Sejak kecil Nyai Machfudhoh belajar kepada ayahnya sendiri seperti belajar kitab, sedangkan belajar mengaji Al-Qur’an beliau diajari oleh ibunya, Nyai Siti Rahma.

Sejak tahun 1994 atau pada awal-awal Nyai Hj. Machfudhoh Aly Ubaid menjadi pengasuh di Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambak Beras, beliau dibantu oleh adiknya Gus Roqib dan istrinya mengasuh pondok karena pada saat itu beliau menjadi ketua Wanita Persatuan pusat dan wakil ketua departemen Dakwah DPP PPP yang harus bolak balik Jakarta-Jombang.

Keterlibatan Nyai Hj. Machfudhoh Aly Ubaid dalam dunia politik berawal ketika Ibu Asma Sahroni, sebagai ketua umum PP Muslimat NU, sering mengajaknya untuk dialog tentang permasalahan yang terjadi pada masyarakat. Dari berbagai perbincangan tersebut akhirnya menjadikan beliau pada tahun 1976 sebagai ketua umum Fatayat NU.

Menjadi ketua PW Fatayat NU adalah hal yang diduga beliau. Saat itu yang siap menjadi ketua adalah Ibu Cicik Mukafi, tetapi beliau harus ke Bojonegoro setelah suaminya meninggal. Kemudian, semestinya Ibu Khotimah yang menjadi ketua tetapi beliau pulang ke Malang. Maka PW Fatayat NU menjadi vakum. Pada saat PP. Fatayat NU mengadakan konferensi wilayah, Nyai Machfudhoh diminta untuk memimpin sidang tata tertib.

Simak biografi lengkapnya di: Nyai Hj. Machfudhoh Aly Ubaid
Simak chart silsilah sanad Nyai Hj. Machfudhoh Aly Ubaid

KH. Fattah
KH. Fattah kelahiran Malang. Tepatnya di daerah betek, Jl. Mayjend Panjaitan. Abahnya, Kyai Daim Tjitronegoro juga asli Malang. Tidak ada data yang pasti kapan persisnya Kyai Fattah lahir.

KH. Fattah wafat, untuk kembali menghadap Yang Maha Kuasa pada tanggal 12 Maret 2006 yang bertepatan dengan tanggal 11 bulan Shafar 1427 H. Jenazah beliau dimakamkan di area Pondok Pesantren Bahrul Maghfirah.

KH. Fattah tidak mengaji secara formal di sebuah pesantren. Namun Beliau mengaji keliling dari ulama yang satu ke ulama yang lain. Tidak hanya mengaji syariat, tapi juga mengaji ke beberapa ulama yang bisa menunjukkan hakikat ajaran Allah. Mujahadahnya dalam ngaji dan riyadhoh, mengantarkan beliau mendapat ilmu laduni.

Selain keliling ke beberapa tempat, setiap malam Jum’at Legi, KH. Fattah juga membuka majelis dzikir di rumahnya di Jl. Mayjen Panjaitan IX. Meski jama’ah yang hadir tidak banyak beliau tetap istiqomah. Beliau mengajak jama’ah untuk istighotsah, yasinan dan tahlilan. Dalam pengajiannya, Kyai Fattah lebih suka mengajar tentang ibadah, utamanya shalat, karena ini kewajiban utama umat Islam.

KH. Fattah merupakan pendiri pesantren Bahrul Maghfiroh Malang.

Simak biografi lengkapnya di: KH. Fattah

Mari kita sejenak mendoakan beliau, semoga apa yang beliau kerjakan menjadi amal baik yang tak akan pernah terputus dan Allah senantiasa mencurahkan Rahmat-Nya kepada beliau.

Semoga kita sebagai murid, santri, dan muhibbin beliau mendapat keberkahan dari semua yang beliau tinggalkan.

https://www.laduni.id/post/read/525638/info-harian-laduniid-12-maret-2024.html