Info Harian Laduni.ID, 20 April 2024

Laduni.ID, Jakarta – Hari ini Sabtu, 20 April 2024 bertepatan hari lahir Habib Ali bin Abdurrahman Al-Habsyi.

Habib Ali bin Abdurrahman Al-Habsyi
Habib Ali bin Abdurrahman Al-Habsyi lahir pada hari Minggu, 20 Jumadil ‘Awal 1286 atau pada 20 April 1870 di Kampung Kwitang, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat. Beliau merupakan putra dari pasangan Al-Habib Abdurrahman Al-Habsyi dengan Habibah Salmah. 

Ketika Habib Ali bin Abdurrahman Al-Habsyi berusia 20 tahun, beliau mengadakan pengajian sambil berdagang kecil-kecilan di Pasar Tanah Abang. Pada usia itu pula Habib Ali bin Abdurrahman Al-Habsyi menikah dengan Habibah Aisyah Assegaf dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Habib Ali bin Abdurrahman Al-Habsyi berpulang ke haribaan Allah SWT pada usianya ke 98 tahun, tepatnya pada hari Minggu tanggal 20 Rajab 1388 bertepatan dengan 13 Oktober 1968, jenazah beliau dimakamkan di kediaman beliau di Kwitang Jakarta.

Dalam usia yang masih (12 tahun), berangkatlah Habib Ali bin Abdurrahman Al-Habsyi dari Jakarta menuju Hadramaut, dengan bekal sekedar ongkos tiket kapal laut sampai di tempat yang dituju.

Sesampainya di Hadramaut, Habib Ali bin Abdurrahman Al-Habsyi sebagai seorang anak yang shaleh, tidak mau berbuat sia-sia pada masa mudanya yang berharga itu untuk menuntut ilmu yang bermanfaat. Ketika di sana Habib Ali Al-Habsyi tidak hanya belajar untuk mencari ilmu, tetapi beliau juga sambil mencari rizki yang halal untuk bekal hidup. Sebab beliau menyadari bahwa ibunya tidak mampu untuk mengirimkan uang kepada beliau selama menuntut ilmu di luar negeri tersebut.

Habib Ali Al-Habsyi merupakan sosok yang aktif dalam mengembangkan dakwah Islamiyyah, mengajak umat Islam untuk mengikuti ajaran-ajaran Islam yang suci dengan dasar cinta kepada Allah SWT dan Rasul-Nya SAW. Akhirnya beliau mendirikan majlis taklim Kwitang pada tahun 1948.

Habib Ali bin Abdurrahman Al-Habsyi adalah sosok yang terkenal dengan akhlaknya yang tinggi, baik terhadap kawan maupun terhadap orang yang tidak suka kepadanya. Semuanya dihadapinya dengan ramah-tamah dan sopan santun yang tinggi. Terlebih lagi khidmat beliau terhadap ibunya adalah sangat luar biasa.

Simak biografi lengkapnya di: Habib Ali bin Abdurrahman Al-Habsyi
Simak chart silsilah sanad ilmu Habib Ali bin Abdurrahman Al-Habsyi

Mari kita sejenak mendoakan beliau, semoga apa yang beliau kerjakan menjadi amal baik yang tak akan pernah terputus dan Allah senantiasa mencurahkan Rahmat-Nya kepada beliau.

Semoga kita sebagai murid, santri, dan muhibbin beliau mendapat keberkahan dari semua yang beliau tinggalkan.

https://www.laduni.id/post/read/525768/info-harian-laduniid-20-april-2024.html