Raih Juara 3, Mahasiswi Unusa Beri Peran Signifikan Tim Hockey Jatim

Surabaya, NU Online Jatim

Mahasiswi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa), Nanda Alifia, menunjukkan pencapaian gemilang yang patut diapresiasi. Ia turut mengantarkan tim Hockey Jatim meraih juara 3 di Kejuaraan Bantul Championship di Yogyakarta.

 

Ajang tersebut berlangsung mulai tanggal 7 hingga 11 Mei 2024. Pertarungan sengit itu melibatkan tim putri dari berbagai daerah, seperti Bantul, Kalimantan Timur, Jawa Barat, Malang, dan Kendal.

 

Sebagai atlet yang berprestasi, Nanda Alifia mengungkapkan rasa bersyukurnya atas pencapaian tersebut. Ia berharap prestasi ini dapat menjadi motivasi baginya dan rekan-rekan atlet lainnya untuk terus berjuang dan menggapai impian.

 

“Capaian ini merupakan batu loncatan saya untuk mengapai mewujudkan prestasi berikutnya, sehingga saya bisa mengharumkan nama baik Unusa di kanca nasional,” kata Nanda.

 

Ia mengatakan, kemenangan tersebut adalah hasil dari kerja keras dan dukungan dari banyak pihak, terutama dari keluarga, teman-teman, dan tim pelatih. Persiapannya untuk mencapai juara ini sangatlah intensif. Nanda menghabiskan berjam-jam untuk latihan, baik di lapangan hockey maupun di luar lapangan untuk memperbaiki teknik, kekuatan, dan daya tahan fisik.

 

“Capaian ini selain dari unsur saya pribadi, karena adanya dukungan dan arahan dari tim pelatih yang sangat membantu saya dalam menghadapi setiap pertandingan, sehingga saya bisa percaya diri dan fokus,” ungkapnya.

 

Sementara itu, Dosen PGSD Unusa yang sekaligus mantan atlet hockey Jawa Timur, Sunanto mengungkapkan, perjalanan Nanda Alifia menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) di Sumatera Utara dan Aceh tidaklah lepas dari berbagai rintangan dan tantangan. Namun berkat kegigihan berlatih dan dedikasi yang dimiliki mengantarkannya mencapai prestasi ini.

 

“Nanda mampu membuktikan bahwa mimpi untuk menjadi atlet PON adalah sesuatu yang dapat diwujudkan. Dan itu terbukti dengan capaian saat ini,” tuturnya.

 

Sunanto menambahkan, Nanda telah menunjukkan kepada semuanya bahwa dengan ketekunan dan semangat pantang menyerah, tidak ada yang tidak mungkin. Meskipun proses seleksi sangat berat, ia berhasil melaluinya dengan gemilang, membuktikan bahwa kesuksesan adalah hasil dari kerja keras dan tekad yang kuat.

 

“Sebagai langkah awal untuk mempersiapkan diri menghadapi panggung olahraga tertinggi di Indonesia, Nanda Alifia akan segera memasuki program pemusatan latihan selama 4 bulan penuh. Program ini akan menghadirkan latihan intensif pagi dan siang, dengan tujuan untuk memaksimalkan potensi atletiknya dan memperkuat mental serta fisiknya guna menghadapi ajang bergengsi PON,” tandasnya.

 

Prestasi yang diraih oleh Nanda Alifia bukan hanya menjadi kebanggaan bagi FKIP Unusa semata, tetapi juga menjadi sumber inspirasi bagi seluruh mahasiswa untuk mengejar impian mereka, baik dalam bidang olahraga maupun akademik.


https://jatim.nu.or.id/pendidikan/raih-juara-3-mahasiswi-unusa-beri-peran-signifikan-tim-hockey-jatim-gbyQD