Lompatan International Colaboration Unisma Malang dengan SAAS Shandong-China

Malang, NU Online Jatim

Universitas Islam Malang (Unisma) dengan delegasi yang dipimpin Rektor Unisma, Prof. Dr. H. Maskuri berkunjung ke Shandong Academy of Agricultural Sciences (SAAS) Shandong-China, Rabu (22/05/2024). Dalam kesempatan ini, Rektor Unisma didampingi Ketua Bidang Usaha Yayasan, Wakil Rektor 4 dan Kantor Urusan Internasional. Delegasi Unisma diterima Li Ciangdong selaku President of SAAS dan Xu Shaojian selaku Direktur International Cooperation Departement of SAAS juga jajarannya.

 

Rektor Unisma menyampaikan secara umum kolaborasi dengan SAAS dinilai dapat memperkuat kompetensi akademik dan riset para dosen dan mahasiswa Unisma. Kolaborasi ini juga akan memperkuat kualitas dan pengembangan pendidikan dan penelitian di Unisma Malang dan SAAS. “Nantinya kedua pihak memiliki hasil temuan yg inovatif bertaraf internasional yang mampu mendukung Unisma dalam milestone entrepreneurial University,” katanya.

 

Prof Maskuri juga menjelaskan Unisma mendapat momentum untuk menggeliatkan mutu kampus dengan lompatan mutu dan membanggakan. Baginya dengan kunjungan ke China ini dapat memperkuat dan mengembangkan imajinasi, inspirasi, kreatifitas, inovasi dan produktivitas. “Unisma Malang ke depan, sebagai perguruan tinggi papan atas di Indonesia yang telah terakreditasi unggul dan internasional,” jelasnya.

 

Sebagai informasi, Shandong Academy of Agricultural Sciences (SAAS) merupakan lembaga riset ternama di China,  berada di ibu kota Propinsi Jinan Shandong. SAAS berusia 121 tahun dan sejak 1978 telah melakukan internasional collaboration di antaranya dengan University of Guelph, University of Missouri, University of Leicester, The University of Arizona, Illinois University, University of Pennsylvenia, Agriculture dan Agri Food Canada serta beberapa lembaga dunia lainnya. Pengembangan teknologi dan praktik terbaik telah dilakukan di bidang pertanian dan peternakan serta support untuk pengembangan herbal.

 

Secara umum kolaborasi ini akan memperkuat kompetensi akademik dan riset para dosen dan mahasiswa Unisma. Kedua institusi sepakat melakukan joint research, joint publication, external examiner, lecturer and student’s exchange.

 

SAAS mempunyai 2 pusat riset di bidang pertanian dan peternakan. Maize Research Institute Shandong Academy of Agricultural Sciences banyak melakukan riset pemuliaan tanaman, di mana telah dihasilkan 845 varietas tanaman yang telah tersertifikasi. Tanaman utamanya adalah gandum, kacang-kacangan, biji-bijian (serealia), dan buah-buahan. Salah satu fokus risetnya pada pemuliaan jagung menggunakan teknologi rekayasa genetika (Genetic Engineering).  Di samping itu juga pengembangan riset bidang herbal medicine yang melibatkan para ahli bidang Farmasi. 

 

Institute of Animal Science and Veterinary Medicine, SAAS mengembangkan program genetic and animal breeding pada ternak sapi perah, domba, kelinci sehingga menghasilkan produktivitas ternak yang lebih optimal. Dengan didukung riset bidang veterinary bidang vaksin. 

 

Dan pastinya, kolaborasi ini juga akan memperkuat kualitas dan pengembangan pendidikan dan penelitian di Unisma Malang dan SAAS sehingga dapat dihasilkan temuan yg inovatif bertaraf internasional yang mampu mendukung UNISMA dalam milestone entrepreneurial University. Di sini Unisma Malang mendapatkan momentumnya untuk menggeliatkan mutu kampus hijau (julukan kampus NU) dengan lompatan mutu yang kuat serta membanggakan.


https://jatim.nu.or.id/pendidikan/lompatan-international-colaboration-unisma-malang-dengan-saas-shandong-china-jLsQk