Keutamaan Amalan Menulis Kalimat Bismillah pada Tanggal 1 Muharram

Laduni.ID, Jakarta – Bulan Muharram adalah bulan yang menandai masuknya tahun baru Hijriyah. Di bulan yang mulia ini banyak umat Muslim bisa meraih keberkahan melalui amaliyah-amaliyah yang diajarkan oleh ulama-ulama terdahulu. Salah satunya adalah dengan menulis kalimat Bismillah sebanyak 113 kali di malam 1 Muharram.

Dianjurkan untuk menulis kalimat Bismillah sebanyak 113 kali sebab jumlah surat dalam Al-Qur’an ada 114 dan semua surat tersebut semuanya diawali dengan Bismillahirrahmanirrahim kecuali satu surat saja, yakni surat At-Taubah. Jadi yang diawali dengan kalimat Bismillah hanya 113 surat. Karena itu, maka dianjurkan untuk menuliskannya sebanyak jumlah yang sama.

Imam Muhammad Haqqiy An-Naziliy rahimahullah mengatakan dalam kitabnya Khazinatul Asrar Jalilatul Adzkar, bahwa siapa saja yang menulis kalimat Bismillah  (بسم الله الرحمن الرحيم) sebanyak 113 kali pada tanggal 1 Muharram di kertas, maka dirinya dan keluarganya akan diberikan perlindungan dari segala musibah dan keburukan selama seumur hidup.

Adapun caranya adalah sebagai berikut:

1. Hendaknya menulis kalimat Basmalah (بسم الله الرحمن الرحيم) pada tanggal 1 Muharram
2. Dilakukan dalam keadaan berwudhu
3. Menghadap ke qiblat
4. Menutup aurat dan tidak berbicara saat menulis
5. Niat li daf’il bala’ (tolak bala), tahshin

https://www.laduni.id/post/read/72836/keutamaan-amalan-menulis-kalimat-bismillah-pada-tanggal-1-muharram.html