Raker I Pergunu Sidoarjo Rumuskan Program Visioner dan Kekinian

Sidoarjo, NU Online Jatim

Pimpinan Cabang (PC) Persatuan Guru Nahdaltul Ulama (Pergunu) Sidoarjo menggelar Rapat Kerja (Raker) I di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Muslimat, NU Pucang, Selasa (09/07/2024). Ahmad Anwar, Ketua PC Pergunu Sidoarjo menyampaikan bahwa organisasinya akan merumuskan program yang visioner dan kekinian.

 

“Tantangan kita di organisasi Pergunu sangat besar sekali. Baik internal mapun eksternal, paling tidak ada tiga strategi untuk menjawab tantang tersebut,” katanya.

 

Pertama human capital, kedua sosial capital dan ketiga financial capital. Tiga hal ini harus dimiliki oleh PC Pergunu Sidoarjo untuk menjawab kompleksnya tantangan zaman. Human capital artinya sebagai pengurus harus memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) lebih dan kekinian.

 

“Perkembangan pendidikan saat ini luar biasa.  Kita sebagai pengurus di tingkat PC Maupun Pimpinan Anak Cabang (PAC) harus benar-benar mengikuti perkembangan itu,” ujarnya.

 

Kemudian Pergunu Sidoarjo harus punya sosial capital. Jika pengurus tidak punya jiwa sosial yang tinggi maka mustahil PC Pergunu Sidoarjo akan berjalan dengan baik. Selanjutnya financial capital, PC Pergunu harus punya dana yang kuat.

 

“Alhamdulillah sejak Konferensi Cabang (Konfercab) Pergunu di Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kita mandiri, tidak ada sponsor dari pemerintah,” ucapnya.

 

Kemudian kegiatan pelantikan PC Pergunu Sidoarjo di Pendopo Pemerintah Kabupaten (Pemkab) juga terlaksana mandiri tanpa sponsor dari pihak manapun, demikian untuk kegiatan Raker I saat ini.

 

“Ke depan Pergunu memang harus mandiri. Mudah-mudahan kami diberi kekuatan sehingga bisa mengembangkan dan memperjuangkan Pergunu sampai kapan pun,” ungkapnya.

 

Menurutnya, rogram utama Pergunu Sidoarjo adalah membuat Training of Trainer (ToT). Ia ingin di masing-masing Kecamatan di Sidoarjo punya trainer.

 

“Silakan PAC mendelegasikan guru yang akan menjadi trainer yang benar-benar mampu untuk mendiseminasikan,” tandasnya.

Hadir pada kegiatan ini Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, H Tirto Adi yang juga menjadi Dewan Pakar PC Pergunu Sidoarjo. H Moh Arwani Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) dan Abdul Mujib Ketua Pimpinan Wilayah (PW) Pergunu Jatim.


https://jatim.nu.or.id/metropolis/raker-i-pergunu-sidoarjo-rumuskan-program-visioner-dan-kekinian-D1zo6