Menyambung Juang, PWNU Jatim Ziarahi Maqbarah KH Nachrowi Thohir

Malang, NU Online Jatim 

Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur menggelar Ziarah Muassis dan Tokoh NU dalam rangka Peringatan Hari Santri di Maqbarah KH Nachrowi Thohir, Pondok Pesantren Miftahul Falah Bungkuk Singosari, Kabupaten Malang, Ahad (20/10/2024). 

 

Ketua Panitia Pelaksana Hari Santri PWNU Jawa Timur, KH M Wafiyul Ahdi menyatakan bahwa pihaknya mengadakan Ziarah Muassis dan Tokoh NU di 8 kabupaten/kota di Jawa Timur. Selain itu, direncanakan bahwa Ziarah Muassis akan dilaksanakan di Jombang, Selasa (22/10/2024) mendatang.

 

“Kami diutus mengadakan Ziarah Muassis. Hari ini ada 8 kabupaten/kota di Jawa Timur yang mengadakan kegiatan Ziarah Muassis. Beberapa kota tersebut yakni Surabaya, Gresik, Bangkalan, Malang, Nganjuk, Kediri, Probolinggo, dan Situbondo. Kemudian, tanggal 22 nanti di Jombang,” kata KH M Wafiyul Ahdi.

 

Ia menambahkan bahwa Panitia Hari Santri PWNU Jatim menganggap penting untuk menziarahi para Muassis Nahdlatul Ulama serta tokoh-tokoh Nahdlatul Ulama di berbagai daerah.

 

“Oleh karenanya kemarin PWNU mengirim instruksi kepada seluruh Pengurus Cabang (PC) se-Jatim untuk menziarahi tokoh-tokoh NU di daerahnya masing-masing, khususnya para muassis,” tambah Wakil Sekretaris PWNU Jatim tersebut.

 

Gus Wafi menjelaskan bahwa tema Hari Santri 2024 adalah ‘Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan’, yang mana menyambung juang tersebut harus diiringi dengan pemahaman terhadap sejarah, termasuk sejarah para tokoh yang sebelumnya mengurus NU dan menjadi muassis.

 

“Karena NU ini bukan sekadar organisasi yang AD/ART -ya di legalisasi Kemenkumham. Tapi, ini legalitasnya, legalitas spiritual,” jelas Ketua Yayasan Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang tersebut.

 

Sebagai informasi dalam kesempatan ini turut hadir diantaranya KH Moensif Nachrowi Thohir Putra ke 5 KH Nachrowi Thohir, KH Romadlon Khotib Wakil Katib PWNU Jatim, Prof Dr H Maskuri, Dr Mustain Wakil Ketua PWNU Jatim, Dr KH Noor Shodiq Askandar dan dr H. R. M. Hardadi Airlangga Wakil Sekretaris PWNU Jatim.


https://jatim.nu.or.id/malang-raya/menyambung-juang-pwnu-jatim-ziarahi-maqbarah-kh-nachrowi-thohir-3Vg0y