PWNU Jatim-Unisma Gelar Seminar Kebangsaan, Usung Spirit Resolusi Jihad

Malang, NU Online Jatim

Universitas Islam Malang (Unisma) bersama Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jatim menggelar Seminar Kebangsaan bertajuk ‘Reaktualisasi Spirit Resolusi Jihad bagi Generasi Z’. kegiatan dalam rangka memperingati Hari Santri 2024 itu dipusatkan di Hall KH Abdurrahman Wahid, Gedung Ali Bin Abi Thalib Lantai 7, Unisma, Senin (21/10/2024).

 

Dalam sambutannya, Rektor Unisma Prof Drs H Junaidi menyampaikan ahlan wasahlan (selamat datang) di Universitas Islam Malang, yang dikenal sebagai kampus hijau, unggul, serta menjadi kebanggaan Nahdlatul Ulama dan Nahdliyin. Ia menjelaskan bahwa klaim kampus unggulan itu tidak berlebihan mengingat akreditasi Unisma telah mencapai peringkat unggul sejak tahun 2022.

 

“Bahkan, di dalam program studi kami, 7 di antaranya sudah terakreditasi Internasional dari lembaga akreditasi internasional yang berbasis di Jerman yaitu ASIIN dan FIBAA,” kata Prof Junaidi.

 

Prof Junaidi menambahkan bahwa sebagai perguruan tinggi Nahdlatul Ulama, pihaknya menyadari bahwa pencapaian kinerja Unisma tidak terlepas dari dukungan semua stakeholder, termasuk jamaah dan jamiyah Nahdlatul Ulama. Dengan demikian, Unisma siap mendukung program kerja NU di semua tingkatan.

 

“Kami persilakan PCNU, PWNU, PBNU untuk menggunakan fasilitas yang ada di Unisma dalam kegiatan-kegiatannya. Semua fasilitas yang ada di Unisma ini hakikatnya adalah milik panjenengan semua,” tambahnya.

 

Pihaknya menyadari bahwa besarnya Unisma ini juga melalui dukungan pemerintah melalui Kemendikbudristek, Kementerian Agama, dan kementerian-kementerian yang lain. Untuk itu, ia menyampaikan rasa terima kasih yang tiada terhingga kepada Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024 Bapak Ir Joko Widido dan KH Ma’ruf Amin.

 

“Keduanya telah beberapa kali berkunjung ke Unisma. Dalam kunjungan tersebut beliau juga mengapresiasi atas perkembangan dan kemajuan Unisma,” terangnya.

 

Sementara itu, Ketua PWNU Jatim KH Abdul Hakim Mahfudz menuturkan berdasarkan hasil rapat diputuskan untuk menyelenggarakan beberapa kegiatan. Salah satunya, pada 16 Oktober 2024 lalu dilaksanakan Kick Off Hari Santri 2024 di Unusa. Selanjutnya, pada 20-22 Oktober 2024, digelar ziarah muassis dan tokoh NU di berbagai daerah.

 

“Kali ini, dalam rangka Seminar Kebangsaan di kampus Unisma. Kami mengadakan kick off Seminar Kebangsaan yang akan dilaksanakan di 16 perguruan tinggi di bawah naungan Nahdlatul Ulama. Kami berharap ini menjadi momentum yang baik di masa depan untuk mengenang peristiwa penting terdahulu,” tuturnya.

 

Sebagai informasi, Seminar Kebangsaan kali ini menghadirkan dua narasumber. Yaitu Kasubdit Pendidikan Diniyah dan Ma’had Aly Kemenag RI Dr H Mahrus dan Guru Besar Unisma sekaligus Wakil Ketua PWNU Jatim Prof Dr H Maskuri.


https://jatim.nu.or.id/pendidikan/pwnu-jatim-unisma-gelar-seminar-kebangsaan-usung-spirit-resolusi-jihad-S7uPw