Biografi KH. Abu Dzarrin, Seorang Santri Menjadi Pengasuh Pesantren Sidogiri

Daftar Isi Biografi KH. Abu Dzarrin:

1.    Riwayat Hidup dan Keluarga
1.1  Lahir
1.2  Riwayat Keluarga
1.3  Wafat
2.    Sanad Ilmu dan Pendidikan
2.1  Pendidikan
2.2  Guru Beliau
3.    Penerus Beliau
3.1  Murid-Murid Beliau
4.    Perjalanan Hidup dan Dakwah
4.1  Menjadi Anak Angkat KH. Mahalli
4.2  Melihat Surga di Kamar KH. Mahalli
4.3  Akan Dijadikan Menantu KH. Mahalli
4.4  Membantu KH. Mahalli Melawan Jin
4.5  Diperintah Mencari Batu Mustika
4.6  Menjadi Pengasuh Pesantren
4.7  Pendiri Pesantren Tugu
5.    Karya Beliau
6.    Pejuang Melawan Belanda
7.    Karomah Beliau
8.    Referensi

1.    Riwayat Hidup dan Keluarga

1.1  Lahir
Tidak ada yang mengetahui dengan jelas kapan beliau lahir. Akan tetapi masa hidup beliau diperkirakan terbentang antara akhir abad ke-18 sampai awal abad ke-19 Masehi. Perkiraan ini mengacu pada haul beliau yang ke-163 di penghujung tahun 2008 M atau 1429 H.

Kyai Abu Dzarrin adalah putra tunggal Sayyid Hashinuddin bin Sayyid Ya’kub. Ayah beliau masih terhitung sebagai piutnya Sayyid Abu Bakar Ba-Syaiban, Tarim, Hadramaut. Persisnya, Kyai Abu Dzarrin bin Sayyid Hashinuddin bin Sayyid Ya’qub bin Sayyid Abdul Qahhar bin Sayyid Abdul Wahab bin Sayyid Abu Bakar Basyaiban Hadramaut.

Beliau dilahirkan di salah satu daerah di kota Magelang. Kota yang sekarang tumbuh menjadi salah satu ikon seni-kultur di Jawa Tengah. Di masa lalu, kota ini adalah salah satu daerah yang dikuasai oleh Kerajaan Mataram pada kurun abad 15 sampai 17 Masehi.

Dari nasab ini, Kyai Abu Dzarrin masih mempunyai hubungan darah dengan Sayyid Sulaiman, pembabat Sidogiri, karena Sayid Sulaiman juga termasuk keturunan dari Ba-Syaiban, dengan perincian sebagai berikut: Sayid Sulaiman bin Sayid Abdurrahman bin Sayid Umar bin Sayid Muhammad bin Sayid Abdul Wahhab bin Sayid Abu Bakar Ba-Syaiban.

Jadi, nasab Kyai Abu Dzarrin dan Sayyid Sulaiman bertemu di Sayyid Abdul Wahhab bin Sayid Abu Bakar Ba-Syaiban.

Ba-Syaiban adalah salah satu waliyullâh yang disegani di Tarim, Hadramaut. Daerah di selatan Arab ini, terkenal dengan kota segudang ulama dan wali.

1.2 Riwayat Keluarga
Kyai Abu Dzarrin Menikah dengan Nyai Ashilah. Nyai Ashilah merupakan salah satu keturunan Sayyid Sulaiman. Mbah Suryo, ayah Nyai Ashilah, adalah putra Sayyid Amir Hasan bin Sayyid Iskandar (Mbah Bungkul Surabaya) bin Sayyid Ali Akbar bin Sayyid Sulaiman Mojoagung Jombang pendiri Pondok Pesantren Sidogiri.

1.3 Wafat
Beliau meninggalkan dunia yang fana ini ketika bersujud di hadapan Sang Pencipta tatkala melaksanakan salat Fajar (Subuh).

Diperkirakan beliau wafat pada tanggal 16 Syawal 1266 H. Perkiraan ini berlandaskan haul beliau yang rutin digelar pada tanggal 16 Syawal. Sedangkan dalam peringatan haul tahun 1429 H, beliau dihauli untuk yang ke-163 kalinya. Perhitungan mundur selama 163 tahun dari tahun 1429 H jatuh pada tahun 1266 H. Dengan begitu, perkiraan hari wafat beliau adalah 16 Syawal 1266 H.

Berita kematian beliau sangat cepat terdengar ke mana-mana. Dalam waktu singkat, dalem beliau dipenuhi lautan manusia yang datang untuk memberikan penghormatan terakhir. Tidak hanya manusia yang merasa kehilangan akan kyai kebanggaan mereka ini. Ketika Kyai Abu Dzarrin wafat, jam dinding yang ada di tempat beliau salat pun ikut berduka (mati).

Sebelum wafat, Kyai Abu Dzarrin sempat berwasiat kepada sanak keluarga beliau agar dikebumikan di Tugu jika ajal menjemput. Wasiat ini tetap diingat oleh keluarga beliau. Sehingga, meskipun beliau wafat di Karang Sono, makam beliau berada di desa istri beliau, Tugu.

Beliau wafat meninggalkan empat putra-putri yang tersebar di berbagai pelosok di Kabupaten Pasuruan. Dan hanya Kyai Muhammadun beserta sebagian keturunan beliau yang masih menetap di Karang Sono dan Tugu.

2. Sanad Ilmu dan Pendidikan
Selama berada di Magelang, Kyai Abu Dzarrin kecil belajar ilmu agama kepada ayah beliau sendiri. Dengan penuh perhatian, Sayyid Hashinuddin begitu telaten dalam mendidik putra satu-satunya beliau itu. Karena hanya dialah yang menjadi harapan beliau untuk meneruskan perjuangan beliau, perjuangan yang membutuhkan pengorbanan dan dedikasi tinggi dalam menerapkan satu-satunya ajaran yang diridai Allah.

Semangat Kyai Abu Dzarrin yang menggebu-gebu dalam menuntut ilmu, membangkitkan gairah beliau untuk berkelana dalam mencari ilmu, sehingga beliau banyak mengetahui seluk-beluk daerah Magelang dan sekitarnya.

Banyak daerah di Magelang yang sudah disinggahi oleh Kyai Abu Dzarrin. Entah berapa kilometer dia berjalan setapak demi setapak hanya untuk mencari guru ilmu syariat (Kyai) dan pondok pesantren.

Sudah banyak pesantren dan padepokan yang telah beliau singgahi hanya untuk menggapai maksud mulia ini. Tidak ada keterangan yang menjelaskan, bahwa beliau pernah menetap di satu tempat (pesantren) khusus selain di Pondok Pesantren Sidogiri.

Beliau baru kembali ke kediaman beliau setelah merasa cukup dalam perkelanaan itu. Dalam perjalanan pulang, beliau berencana untuk mencari guru dan pesantren lain yang bisa dijadikan sebagai pelabuhan thalabul-’ilmi. Sesampainya di rumah, Sayyid Hashinuddin berkata pada beliau, “Kalau mau mondok (mencari ilmu), mondoklah di Gembong selatan pasar.”

Gembong adalah nama Sidogiri tempo dulu. Kemungkinan, pasar yang dimaksudkan Sayyid Hashinuddin adalah pasar Ngempit. Nama ini (Gembong) sudah tidak lagi digunakan pasca kedatangan Sayyid Sulaiman Mojoagung. Karena, setelah Sayyid Sulaiman menemukan daerah yang beliau cari, beliau menggantinya dengan nama baru, yakni Sidogiri.

Meskipun sudah berubah nama menjadi Sidogiri, ternyata nama lama (Gembong) masih melekat di telinga khalayak ramai, terutama bagi mereka yang berada di luar Sidogiri. Jadi, maklum saja kalau Sayyid Hashinuddin, ayah Kyai Abu Dzarrin, menyebutkan Gembong ketika memerintah putra semata wayangbeliau untuk berpetualang mencari ilmu ke Sidogiri.

Kyai Abu Dzarrin muda menekatkan diri beliau untuk mengais ilmu di tanah rantau. Sesuai dengan titah ayah beliau, Kyai Abu Dzarrin berjalan ke timur menuju salah satu daerah di Pasuruan. Dengan membawa bekal seadanya, beliau berjalan setapak demi setapak mencari desa yang bernama Gembong itu.

Beliau berangkat dari rumahnya dengan berbekal satu keranjang kitab untuk mengaji, dan satu keranjang lainnya yang hanya berisikan intip sebagai penawar rasa lapar. Beliau tidak memakan intip itu kecuali ketika beliau merasa sangat lapar.

Tak jarang beliau mengganjal perutnya dengan batu hanya untuk mengurangi rasa lapar yang melilit perut beliau. Selain bekal yang dibawa pas-pasan, jarak yang begitu jauh juga menjadi pertimbangan utama.

Setelah bertanya ke sana-ke mari, akhirnya desa yang ditunjukkan oleh ayah beliau ditemukan juga. Desa rindang nan sunyi yang terletak di “selatan pasar” itulah yang sekarang dikenal dengan sebutan “Sidogiri”.

2.1 Pendidikan
Kyai Abu Dzarrin mondok ke Sidogiri ketika salah satu pesantren tertua di Jawa Timur itu berada di bawah kepengasuhan Kyai Mahalli. Pesantren Sidogiri waktu itu masih berupa bangunan cangkruk yang dikelilingi rerimbunan pepohonan lebat nan rindang.

Kyai Mahalli berasal dari Bawean yang terkenal alim ’allâmah dan warak. Beliau adalah menantu KH. Aminullah yang juga dari Pulau Putri (Bawean).

Dalam statistik kepengasuhan, Kyai Mahalli adalah pengasuh ketiga di Sidogiri. Beliau menggantikan dua pendahulunya yang lebih dulu berpulang ke rahmatullâh, Sayyid Sulaiman (pengasuh pertama sekaligus pendiri Pondok Pesantren Sidogiri) dan KH. Aminullah (pengasuh ke-2 serta menantu Sayyid Sulaiman).

Di Sidogiri, Kyai Abu Dzarrin dikenal sebagai santri yang rajin dan mempunyai kegemaran yang tak banyak disukai oleh santri lain, yaitu musyawarah. Beliau senang sekali berdiskusi dan bermusyawarah dengan teman-teman beliau. Beliau tidak membeda-bedakan status dan kasta santri.

Bila ada mata pelajaran atau ‘ibârat (redaksi) yang tidak dipahami, beliau mencari santri yang dianggap beliau mampu untuk dijadikan tempat bertanya dan berdiskusi. Tak peduli apakah itu santri senior, santri junior ataupun santri yang baru masuk sekalipun. Atas kegemaran inilah beliau cepat kenal akrab dengan santri-santri lain.

Kyai Abu Dzarrin dengan rutin melaksanakan aktivitas belajar mengajar dengan penuh semangat. Tak pernah ada kata terlambat dalam kamus Kyai Abu Dzarrin muda. Beliau belajar dengan porsi yang berbeda dengan porsi belajar santri pada umumnya.

Waktu beliau banyak dihabiskan untuk belajar, murâja‘ah dan musyawarah. Dari sangat ingin beliau untuk selalu belajar, beliau membuat tempat khusus yang sederhana dan beliau letakkan di atas pohon di pinggir sungai. Tujuannya tak lain adalah biar memudahkan beliau untuk mengambil wudu atau bahkan melompat ke dalam sungai jika rasa kantuk datang menghampiri.

2.1 Guru Beliau

  1. Sayid Hashinuddin (ayah),
  2. KH. Mahalli.

3. Penerus Beliau

3.1 Murid-Murid Beliau
Syaikhona Cholil Bangkalan, Waliyullâh Pakar Nahwu Didikan Mbah Tugu (KH. Abu Dzarrin).

Kealiman beliau akan ilmu gramatika Arab tak hanya terdengar oleh warga sekitar. Bahkan jauh dari seberang sana, beliau begitu populer akan keahlian dalam ilmu yang satu ini (gramatika Arab).

Terbukti, sekalipun telah berpulang ke rahmatullâh, beliau tetap didatangi oleh santri yang hendak menuntut ilmu kepada beliau. Yakni:

  1. Syaikhona Cholil bin Abdul Lathif Bangkalan,
  2. KH. Hasyim Asy’ari. Pendiri Nahdlatul Ulama (NU),
  3. KH. Wahab Hasbullah.

4. Perjalanan Hidup dan Dakwah

4.1 Menjadi Anak Angkat KH. Mahalli
Akan tetapi, kegemaran beliau untuk terus berdiskusi (musyawarah) pupus di tengah jalan. Hal ini disebabkan oleh penyakit yang beliau derita. Beliau menderita penyakit gatal-gatal yang cukup parah. Sehingga beliau dijauhi teman-teman beliau dari pergaulan mereka.

Dengan alasan takut menular, jorok, dan jijik teman-teman beliau banyak yang menghindari Kyai Abu Dzarrin muda. Apabila Kyai Abu Dzarrin mempunyai kejanggalan dalam salah satu pelajarannya, biasanya beliau langsung menanyakannya kepada santri lain. Akan tetapi, semenjak terkena penyakit ini, beliau kesulitan mencari teman yang bisa diajak bercengkerama dan diskusi.

Kyai Abu Dzarrin tak menemukan tempat untuk mengadukan perihal yang menimpa beliau. Kepada siapa beliau akan mengutarakan perasaannya yang sedang kalut. Mau mengutarakan kepada teman kamar, mereka menjauh ketika beliau menghampirinya. Selain itu, beliau sebatang kara tidak mempunyai keluarga di Sidogiri.

Setiap malam beliau hanya bisa menangis karena ditinggalkan teman-teman beliau. Mereka seakan jijik untuk sekadar bertatap muka. Tak seorang santri pun yang berkenan mendekati beliau apalagi sampai bercengkerama dengan beliau.

Di tengah gelap malam yang sunyi, Kyai Mahalli berjalan ke sekitar bilik pemukiman santri. Beliau ingin lebih dekat dengan para santri beliau. Dengan kata lain, beliau ingin mengetahui langsung aktivitas santri di malam hari.

Sesampainya di salah satu sudut kompleks pesantren, beliau mendengar senggukan tangisan nan lirih. Beliau mencari sumber suara tersebut. Akhirnya beliau mendapati seorang santri tertunduk lesu sambil sesenggukan meneteskan air mata. Beliau menghampirinya dan menanyakan hal ihwal yang terjadi kepadanya.

Dari jawaban yang diutarakan pemuda itu, Kyai Mahalli mafhum akan apa yang menimpa beliau. Tak hanya itu, beliau juga mengetahui nama serta latar belakang pemuda malang itu.

Dengan penuh syafâqah (kasih sayang) beliau berkenan memberi solusi kepada Kyai Abu Dzarrin agar bertanya kepada beliau jika ada kejanggalan dan ketidakmengertian akan pelajaran yang beliau baca.

Tak tanggung-tanggung, Kyai Mahalli memberikan kesempatan bertanya kepada Kyai Abu Dzarrin 24 jam nonstop (sehari semalam penuh). KYai Mahalli meminta Kyai Abu Dzarrin untuk membangunkannya jika mendapati beliau dalam keadaan tidur.

Kyai Abu Dzarrin bahagia luar biasa. Akhirnya, beliau bisa mendapatkan ’pelabuhan’ bertanya jikalau beliau tidak mengerti akan suatu hal. Akan tetapi, hal yang paling membuat Kyai Abu Dzarrin girang adalah beliau bisa bertanya langsung kepada Guru beliau. Ini adalah kesempatan yang sangat jarang sekali terjadi.

Sejak saat itu, Kyai Abu Dzarrin disuruh untuk tinggal bersama sang guru di dalem beliau dan dijadikan sebagai anak angkat, akan tetapi Kyai Abu Dzarrin menolak dengan halus tawaran tersebut. Tidak hanya satu-dua kali tawaran itu disodorkan Kyai Mahalli kepada Kyai Abu Dzarrin, tapi Kyai Abu Dzarrin tetap menolak.

Kyai Abu Dzarrin takut sû’ul-’adâb dan merasa tidak pantas berada dalam satu rumah dengan sang kyai. Tetapi, karena terus dipaksa oleh Kyai Mahalli, akhirnya Kyai Abu Dzarrin mau tinggal di rumah beliau dengan catatan hanya ditempatkan di dapur bukan di kamar, disamakan dengan khadam kyai yang lain.

Selama tinggal di dalem Kyai Mahalli, Kyai Abu Dzarrin diberi tugas untuk menjaga kamar beliau setiap saat, terutama ketika keluar rumah. Kyai Mahalli mempunyai kamar khusus yang selalu dikunci setiap kali beliau keluar, baik mengaji, memenuhi undangan, maupun keperluan lainnya.

Kamar beliau selalu dikunci. Tak seorang pun yang mengetahui isi kamar itu. Semua keluarga beliau dilarang untuk memasuki kamar tersebut dengan tanpa terkecuali, termasuk istri beliau sendiri.

Dengan sigap, Kyai Abu Dzarrin melaksanakan tugas menjaga kamar khusus Kyai Mahalli dengan penuh tanggung jawab. Hal ini beliau lakukan dengan penuh kehati-hatian. Dengan tanpa bertanya-tanya apa yang ada di dalam kamar tersebut. Selain merasa mempunyai tanggung jawab yang besar, ini adalah perintah guru dan kyai yang harus dilaksanakan secara maksimal.

4.2 Melihat Surga di Kamar Kyai Mahalli
Pada suatu hari Kyai Mahalli diundang untuk menghadiri sebuah acara di suatu tempat. Dengan sedikit tergesa-gesa, Kyai Mahalli keluar dari kamar beliau dengan tanpa mengunci kamar tersebut terlebih dahulu.

Mungkin beliau lupa untuk menguncinya. Kyai Abu Dzarrin yang mengetahui hal itu, segera mengejar Kyai Mahalli. Akan tetapi, Kyai Mahalli terlampau jauh, sehingga tidak terkejar.

Karena sudah tidak mungkin untuk mengejar beliau lebih jauh, Kyai Abu Dzarrin pulang dan bermaksud untuk mengunci kamar Kyai Mahalli. Di tengah perjalanan pulang, terbesit rasa ingin tahu di hati beliau, kenapa kamar itu selalu dikunci dan tidak diperbolehkan untuk dimasuki oleh siapapun.

Karena rasa penasaran ini, Kyai Abu Dzarrin memberanikan diri membuka kamar Kyai Mahalli. Dengan perlahan Kyai Abu Dzarrin membuka kamar yang sudah tak terkunci itu. Ketika pintu sudah terbuka dengan sempurna, Kyai Abu Dzarrin mencoba menyapu pandangan melihat-lihat seisi kamar.

Di sekililing kamar, beliau hanya mendapati tumpukan-tumpukan kitab dan manuskrip kuno yang tertata dan berbaris rapi. Seakan tidak ada hal istemewa yang perlu dirahasiakan. Kamar itu tampak biasa.

Setelah merasa cukup melihat seluruh sudut kamar, Kyai Abu Dzarrin mendongakkan kepala melihat ke langit-langit kamar. Subhânallâh,betapa terkejutnya beliau. Di langit-langit kamar itu terdapat pemandangan yang indah sekali. Elok tak terbayangkan. beliau tercengang. beliau melihat surga di langit-langit kamar Kyai Mahalli, kamar gurunya yang selalu terkunci.

Setelah kejadian itu, Kyai Abu Dzarrin merasa sangat menyesal. Diri beliau selalu diliputi perasaan bersalah karena telah masuk ke kamar sang Kyai tanpa izin. Beliau termenung menunggu kedatangan sang Kyai dengan penuh harap dan penyesalan.

Tatkala sang Kyai rawuh (datang) dari undangan, Kyai Abu Dzarrin memberanikan diri untuk langsung menghadap sang Kyai. Lalu, beliau menceritakan semua yang terjadi dari awal sampai akhir dengan tanpa pengurangan dan penambahan sedikitpun. Kyai Abu Dzarrin meminta maaf kepada sang Kyai atas kelancangan dan keteledoran beliau.

Sang Kyai bersedia memaafkan kesalahan beliau dengan syarat Kyai Abu Dzarrin tidak boleh menceritakan apa yang beiau lihat kepada siapapun, tanpa terkecuali. Kyai Abu Dzarrin baru menceritakan kejadian ini kepada keluarga beliau sesaat sebelum beliau dipanggil oleh Yang Maha Kuasa.

4.3 Akan dijadikan Menantu KH. Mahalli
Atas peristiwa ini, sang Kyai lalu bermaksud untuk menikahkan Kyai Abu Dzarrin dengan putri beliau, Nyai Hanifah. Kyai Abu Dzarrin pun dipanggil untuk menghadap. Sang Kyai menyampaikan maksud beliau itu kepada Kyai Abu Dzarrin. Akan tetapi Kyai Abu Dzarrin tidak bisa menerima tawaran dari sang Kyai tersebut.

Penolakan Kyai Abu Dzarrin ini bukan tanpa alasan. Beliau menolak permintaan sang Kyai ini karena teringat akan pesan yang pernah dilontarkan ayah beliau, “Kalau kamu mau dijadikan mantu oleh Kyai Sidogiri, jangan mau.”

Selain itu, Kyai Abu Dzarrin merasa tidak pantas untuk dipersandingkan dengan putri sang Kyai yang sangat beliau takzimi. Dengan kata lain, beliau takut cangkolang.

Satu kali penolakan Kyai Abu Dzarrin tidak lantas membuat sang Kyai mengurungkan niat beliau. Untuk kali kedua dan kesekian kalinya sang Kyai mengutarakan keinginan beliau agar Kyai Abu Dzarrin bersedia menerima tawaran sang Kyai untuk dijadikan menantu. Akan tetapi, jawaban yang keluar dari lisan Kyai Abu Dzarrin tetap sama: “Mboten, Yai (tidak Kyai).”

4.4 Membantu KH. Mahalli Melawan Jin
Kyai Abu Dzarrin adalah salah satu santri sang Kyai yang diajak untuk membantu melawan jin yang sering kali mengganggu para santri. Jin-jin yang menghuni Sidogiri berkeinginan agar para santri tidak kerasan dan pulang ke rumahnya masing-masing.

Pada suatu hari, sang Kyai dengan dibantu Kyai Abu Dzarrin berperang melawan jin-jin tersebut. Setelah terlibat pertarungan sengit, para jin berhasil ditundukkan. Mereka tak mampu meladeni kesaktian sang Kyai dan Kyai Abu Dzarrin. Mereka akhirnya kalah dan menyerah.

Kekalahan bangsa jin yang tak kasat mata itu tidak lantas membuat mereka terusir dari Sidogiri. Setelah mengangkat bendera putih, mereka memelas meminta kepada sang Kyai Mahalli agar tidak diusir dari Sidogiri.

Sang Kyai Mahalli menyetujui permintaan mereka dengan syarat tidak lagi mengganggu santri dan harus ikut mengaji. Sejak saat itu, para jin yang menetap di Sidogiri selalu mengikuti pengajian yang dibacakan oleh sang Kyai Mahalli, meski masih ada saja di antara mereka yang membangkang dan melanggar perjanjian.

4.5 Diperintah Mencari Batu Mustika
Sang Kyai Mahalli menyampaikan penolakan Kyai Abu Dzarrin kepada istri beliau, Nyai Hafshah, “Bagaimana Nyai,  Kyai Abu Dzarrin itu selalu menjawab ‘tidak’ ketika aku tawari untuk menjadi menantuku. Jika begini terus, aku bisa marah. Dan apabila hal ini terjadi (marah kepada Kyai Abu Dzarrin), maka aku kasihan kepada Kyai Abu Dzarrin, takut ilmu beliau tidak manfaat.”

Sang Kyai Mahalli lalu bercerita panjang lebar kepada Nyai Hafshah tentang masalah ini (penolakan Kyai Abu Dzarrin) sekaligus meminta solusi yang tepat. Nyai Hafshah kemudian memberi solusi, “Bagaimana kalau diberi tugas saja Kyai. Tugas yang membuat beliau keluar dari sini (Sidogiri), tapi bukan berarti mengusir beliau.”

“Tugas apa itu Nyai?” tanya sang Kyai Mahalli”. Kyai kan mempunyai mustika watu cemong (batu hitam)? Lemparkan saja batu itu sejauh mungkin dan perintahlah Kyai Abu Dzarrin untuk mencarinya sampai ketemu. Insya Allah batu itu tidak mungkin bisa ditemukan oleh beliau”.

Usai menunaikan ibadah salat Maghrib, sang Kyai Mahalli memanggil Kyai Abu Dzarrin untuk menghadap. Sang Kyai Mahalli kemudian memberi tugas kepadaKyai  Abu Dzarrin sesuai ide yang digagaskan istri beliau.

Setelah mustika itu dilemparkan beliau jauh-jauh, beliau berkata kepada Kyai Abu Dzarrin, “Carilah batu itu dan jangan kembali sebelum engkau menemukannya. Berangkatlah sekarang juga.” Dengan takzim, Kyai Abu Dzarrin berkata lirih, “Nggih, nyuwun pendungane, Yai… (Baik, minta doanya, Kiai).”

Dengan mengusung semangat sam’an wa thâ’atan, Kyai Abu Dzarrin berangkat mencari batu mustika itu. Beliau mencarinya dengan penuh tanggung jawab. Tak ada rasa pesimis di kalbu beliau.

Setelah keberangkatan Kyai Abu Dzarrin, sang Kyai Mahalli merasa agak lega. Rasa emosi beliau meredup dan pada akhirnya lenyap dengan sendirinya

Akan tetapi, sebelum shalat subuh, Kyai Abu Dzarrin sudah terlihat itikaf di Masjid (tempat istikamah beliau) sebagaimana biasanya. Sang Kyai Mahalli yang menyempatkan diri berkeliling pondok kala itu, mengetahui keberadaan Kyai Abu Dzarrin. Dalam benak beliau, sang Kyai Mahalli berujar, “Bagaimana  kamu itu, aku beri tugas malah tetap di sini. Apa maunya, apa dia tidak mengikuti perintahku?

Setelah salat subuh, sang Kyai Mahalli memanggil Kyai Abu Dzarrin dan ingin menanyakan perihal keberadaan beliau di Sidogiri.

“Abu Dzarrin, apa kamu sudah melaksanakan tugas yang aku berikan?” tanya sang Kyai Mahalli.

“Sampun, Yai (sudah, Kyai).”

“Kalau begitu mana batunya?”

“Ini batunya, Yai.”

“Di mana kamu menemukan batu ini?”

“Saya menemukannya di dusun Tugu, Kyai.”

Karena batu itu ditemukan di dusun yang jauh dari Sidogiri, Tugu, maka sang Kyai Mahalli memerintahkan Kyai Abu Dzarrin untuk tugas dan berdakwah di sana. Tentunya, agar masyarakat di sana lebih mengenal ajaran Agama Islam secara kâffah. Tepatnya, Kyai Abu Dzarrin menemukan batu itu di depan rumah Kyai Suryo (Mbah Suryo), Tugu, Grati.

Secara geografis, Tugu adalah salah satu dusun yang masuk dalam lingkup desa Kedawung Kulon, kecamatan Grati, Pasuruan. Mungkin karena letaknya yang berbatasan dengan Winongan, maka banyak yang berasumsi bahwa Tugu termasuk daerah yang berada dalam kawasan Winongan. Hal ini maklum adanya, selain akses masuk ke Tugu melewati pasar Winongan, juga karena masyarakat Tugu sering berinteraksi dengan penduduk Winongan.

Atas perintah sang Kyai Mahalli, Kyai Abu Dzarrin kembali ke tempat di mana beliau menemukan mustika hitam itu. Di tempat itu, beliau menuturkan perihal kedatangan beliau kepada Mbah Suryo. Dengan senang hati Mbah Suryo menerima i’tikad baik itu.

Selama bertugas di Tugu, gerak-gerik dan aktivitas Kyai Abu Dzarrin diam-diam diperhatikan dengan seksama oleh Mbah Suryo. Dalam diri Kyai Abu Dzarrin, Mbah Suryo melihat banyak hal yang spesial dan istimewa.

Mulai dari kealiman, kewaraan serta keistikamahan yang selalu menghiasi aktivitas sehari-hari Kyai Abu Dzarrin. Sehingga timbul kekaguman yang mendalam di hati Mbah Suryo terhadap sosok ‘guru tugas’ sang Kyai Mahalli ini. Akhirnya, Mbah Suryo berkeinginan untuk menikahkan Kyai Abu Dzarrin dengan putri kesayangan beliau yang bernama Ashilah.

Dalam rencana pernikahan ini, pihak keluarga Kyai Abu Dzarrin tak ada yang mengatakan “tidak setuju”, termasuk ayah beliau sendiri. Seakan semuanya sepakat akan pernikahan tersebut. Kyai Abu Dzarrin pun akhirnya menerima tawaran ini, karena dalam pesan yang pernah diwanti-wantikan ayah beliau hanyalah larangan untuk menikahi putri Kyai Sidogiri.

4.6 Menjadi Pengasuh Pesantren
Sepeninggal sang Kyai Mahalli, ada dua versi mengenai siapa yang menggantikan beliau menjadi pemangku Pondok Pesantren Sidogiri. Versi pertama mengatakan bahwa kepengasuhan setelah KH. Mahalli dilanjutkan oleh KH. Abu Dzarrin. Berlandaskan pendapat ini, berarti KH. Abu Dzarrin adalah Pengasuh ke-4 Sidogiri, dengan urutan, (1) Sayyid Sulaiman, (2) KH. Aminullah, (3) KH. Mahalli, (4) KH. Abu Dzarrin, dan (5) KH Noerhasan bin Noerkhotim.

Menurut versi ini, selama menjadi pengasuh, Kyai Abu Dzarrin tidak menetap di Sidogiri. Beliau mengasuh Sidogiri dari dalem beliau di Tugu. Dengan begitu, Kyai Abu Dzarrin adalah satu-satunya pengasuh Sidogiri yang menetap di luar Sidogiri.

Selain satu-satunya pengasuh yang menetap di luar Sidogiri, beliau juga satu-satunya pengasuh yang tidak termasuk keluarga ataupun menantu Kyai Sidogiri. Dengan kata lain, beliau merupakan satu-satunya santri ’murni’ yang kemudian menjadi Pengasuh Sidogiri.

Versi yang kedua menyatakan, bahwa Pengasuh ke-4 Sidogiri adalah Kyai Noerhasan bin Noerkhotim, santri asal Bangkalan Madura yang kemudian diambil menantu oleh sang Kyai Mahalli. Kyai Noerhasan dinikahkan dengan Nyai Hanifah, putri Kyai Mahalli yang sebelumnya hendak dinikahkan dengan Kyai Abu Dzarrin.

Menurut versi kedua ini, urutan kepengasuhan berubah menjadi, (1) Sayyid Sulaiman, (2) KH. Aminullah, (3) KH. Mahalli, dan (4) KH. Noerhasan bin Noerkhotim. Sementara Kiai Abu Dzarrin (menurut versi ini) tidak menjadi pengasuh Sidogiri.

Dari kedua versi ini, bisa disimpulkan bahwa kepengasuhan di Pondok Pesantren Sidogiri sampai generasi keempat (dan generasi kelima menurut versi kedua) bukanlah putra dari pengasuh sebelumnya. KH. Aminullah, pengasuh kedua Sidogiri, adalah menantu Sayyid Sulaiman yang kemudian menggantikan beliau menjadi pengasuh Sidogiri.

Kepengasuhan kemudian dilanjutkan oleh KH. Mahalli yang notabene juga bukan putra dari Kyai Aminullah. Lalu KH. Abu Dzarrin atau KH. Noerhasan yang juga bukan putra dari pengasuh sebelumnya, padahal putra sang Kyai Mahalli, Kyai Oerip Mahalli, waktu itu masih ada.

Dengan sistem kepengasuhan seperti di atas, di mana yang menjadi pengasuh tidak harus putra pengasuh sebelumnya menunjukkan bahwa: pertama, kepengasuhan sebuah pesantren tidak harus diperebutkan. Dan kedua, kepengasuhan jelas berbeda dengan sistem monarki dan kerajaan yang mewajibkan tahta harus diserahkan kepada putra mahkota.

Tidak ada keterangan yang jelas mengenai rentan waktu Kyai Abu Dzarrin menjadi pengasuh. Akan tetapi, diperkirakan masa kepengasuhan beliau di Sidogiri tidaklah lama. Karena, setelah beliau (menurut versi ini), Sidogiri diasuh oleh menantu pengasuh sebelumnya, Kyai Mahalli, yaitu Kyai Noerhasan bin Noerkhotim.

Sejarah kepengasuhan beliau ini, tidak diberitahukan kepada sanak famili beliau di Tugu. Sehingga, mayoritas keturunan beliau tidak tahu menahu bahwa Kyai Abu Dzarrin pernah menjadi Pengasuh Sidogiri. Sebab menurut cerita-cerita yang mereka (keturunan Kyai Abu Dzarrin) dapat secara turun-temurun, beliau hanya menjabat sebagai pengasuh di pondok Tugu.

Hal ini menunjukkan betapa mulianya sifat Kyai Abu Dzarrin dan betapa tawaduknya beliau terhadap Sidogiri. Meski telah didapuk menjadi pengasuh, beliau tidak mau menasbihkan diri sebagai pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri.

4.7 Pendiri Pesantren Tugu
Kehidupan agamis terpancar dari aktivitas Kyai Abu Dzarrin dalam mengarungi bahtera rumah tangga, berinteraksi dengan masyarakat, dan berhubungan dengan pemerintah. Tak ayal, banyak warga sekitar yang menaruh simpati kepada beliau. Sehingga, mereka banyak yang menitipkan putra-putri mereka untuk menerima pendidikan agama dari Kyai Abu Dzarrin.

Mbah Dzarrin begitu beliau dipanggil oleh masyarakat Tugu sangat diharapkan kiprah beliau dalam membina anak-anak kampung Tugu. Sebab waktu itu, putra-putri Tugu jarang yang dapat mengenyam pendidikan. Selain karena biaya pendidikan yang cukup tinggi, sekolah yang ada hanya diperuntukkan untuk kalangan ningrat dan para pejabat.

Antusiasme warga dalam menyambut Kyai Abu Dzarrin sangat tampak. Keinginan Kyai Abu Dzarrin untuk mendirikan pondok pesantren ditanggapi dengan senyuman oleh masyarakat sekitar.

Mereka berlomba-lomba untuk menyiapkan bantuan yang bisa mereka berikan demi kelancaran pembangunan itu. Ada yang bersedia menyumbang tenaga, pikiran, dan bahkan materi. Pekarangan yang waktu itu dijadikan sebagai pesantren dan dalem Kyai Abu Dzarrin, juga merupakan hibah (pemberian) masyarakat setempat.

Akhirnya, pondok Kyai Abu Dzarrin berdiri tegar di desa Tugu. Desa terpencil yang dulunya hanya disesaki pepohonan rindang dan rumput ilalang sejauh mata memandang, kini menjadi desa asri nan Islami dengan kehadiran pesantren Mbah Dzarrin.

Satu demi satu santri datang ke Pondok Tugu begitu masyarakat menyebutnya untuk nyantri kepada Mbah Tugu panggilan lain Mbah Dzarrin. Pesantren yang mulanya hanya dihuni beberapa orang santri itu pun dari penduduk sekitar, kini menjadi pesantren bertaburkan santri.

Banyak santri Tugu yang berasal dari luar desa bahkan luar kota. Pesantren ini menjadi incaran pemuda-pemudi untuk dijadikan tempat menuntut ilmu. Mereka ingin thalabul-‘ilmi kepada ulama Pasuruan yang terkenal ‘allâmah dan waliyullâh, yakni KH. Abu Dzarrin.

5. Karya Beliau
Meskipun sudah jadi pengasuh, Kyai Abu Dzarrin yang terkenal dengan kealiman beliau tetap menyalurkan hobi beliau di kala mondok di Sidogiri dulu. Beliau banyak menghabiskan waktu beliau dengan muthâla‘ah dan belajar. Tak banyak yang tahu di mana beliau sering menghabiskan waktu beliau untuk belajar.

Pada suatu kesempatan, ketika santri-santri melaksanakan tugas menjaga pesantren, sesekali beliau mengontrol jalannya ronda itu. Hal ini beliau lakukan dengan tak lupa membawa kitab yang selalu beliau baca.

Kealiman beliau bisa ditilik dari karangannya, baik yang hanya berbentuk manuskrip kuno maupun yang sudah dikodifikasi (dibukukan) dalam bentuk sebuah kitab.

Tulisan beliau banyak sekali jumlahnya, hanya saja banyak yang tidak terkodifikasi. Di antara karangan beliau yang sempat terkodifikasi adalah
Kitab Sorrof Sono,
Kitab yang mengulas tentang Dajjal dan Yakjuj Makjuj

Namun, kitab yang disebutkan terakhir ini hilang dan tidak ditemukan sampai sekarang. Sementara kitab Sorrof Sono, meski pernah digunakan di beberapa pondok pesantren di nusantara, seperti Ponpes Lebak, Ponpes Langitan, Ponpes Lasem, dan beberapa pesantren di Bangkalan, saat ini tidak ditemukan.

Kitab Sorrof Sono adalah kitab yang membahas ilmu sharaf. Kitab ini sangat memanjakan pemula untuk belajar membaca kitab. Selain keterangannya mudah dipahami, kitab ini juga lugas dan ringkas. Sehingga membuat para pemula gampang dalam menghafalkan sekaligus menerapkannya.

Ada hal yang istimewa dalam kitab Kyai Abu Dzarrin yang satu ini. Kitab ini mirip dengan kitab Sharaf Amtsilatut-Tahsrîfiyyah, karya KH. Muhammad Ma’shum bin Ali Jombang (w. 1353 H/1934 M).

Bedanya, kitab karya Kyai Abu Dzarrin ini tidak mencantumkan mashdar mîm dalam tashrîfan-nya. Selain itu, Sorrof Sono dikarang lebih dulu ketimbang kitab Sorrof Amtsilatut-Tahsrîfiyyah. Ini bisa dibuktikan dengan melihat masa hidup Kyai Abu Dzarrin dengan Kyai Ma’shum yang terpaut jauh.

Kitab ini diberi nama dengan ‘Sorrof Sono’ karena mengambil nama dusun tempat beliau berdakwah dan menegakkan Agama Allah, tepatnya dusun Karangsono. Mungkin, karena proses penulisan kitab tersebut dirampungkan di dusun Karangsono, sehingga nama kitab itu diembel-embeli dengan nama ‘sono’.

Menurut versi lain, kitab sorrof ini bernama “Sorrof Tugu” bukan “Sorrof Sono”. Akan tetapi pendapat pertama (Sorrof Sono) adalah pendapat yang lebih populer dan lebih banyak diutarakan oleh para narasumber.

Selain Sorrof Sono, beliau mempunyai banyak karya tulis yang masih berupa manuskrip. Mayoritas manuskrip yang beliau tulis berkisar pada ilmu-ilmu Nahwu (Sintaksis) dan Sorrof. Akan tetapi, karena minimnya sarana cetak waktu itu, manuskrip yang beliau miliki tidak sempat dibukukan. Hanya saja, sebagian diajarkan kepada para santri-santri beliau (untuk kalangan sendiri).

Dari karangan dan tulisan beliau, bisa ditarik kesimpulan bahwa beliau adalah pakar ilmu alat (gramatika Arab). Seseorang tidak akan bisa membaca kitab kuning dengan benar dan fasih bila tidak memahami ilmu alat. “Ash-Sharfu ummul- ‘ilmi wan-Nahwu abûhâ, (ilmu Sorof adalah ibu dari segala macam ilmu, sementara ilmu Nahwu adalah bapaknya),” dawuh Kyai Abu Dzarrin suatu ketika. Begitulah perkataan sarat makna yang pernah dilontarkan Kyai Abu Dzarrin mengenahi pentingnya mempelajari ilmu alat (Nahwu-Sorof).

6. Pejuang Melawan Penjajah
Belanda, selain menjadi penjajah negara, juga menjadi penghambat jalan dakwah Kyai Abu Dzarrin. Selain menyiksa dan memaksa rakyat untuk bekerja tanpa upah, Belanda juga berusaha menanamkan keyakinan Barat (Kristen) dalam hati masyarakat pribumi.

Hal ini membuat kebencian Muslim pribumi kepada Belanda menjadi berlipat ganda. Tak ayal, banyak ormas-ormas atau aliansi yang berbasis Islam menyerukan untuk berjihad melawan Kolonial Belanda. Hal senada juga dilakukan oleh Kyai Abu Dzarrin. Beliau juga menyerukan perlawanan terhadap penjajah Belanda.

Belanda begitu membenci ulama-ulama Indonesia, terutama ulama yang lantang menyerukan dan memfatwakan bahwa memerangi Belanda adalah jihad yang wajib hukumnya. Maka, dengan siasat liciknya, Belanda menggunakan segala cara agar ulama-ulama itu dienyahkan dari muka bumi, atau paling tidak dipenjara atau diusir dari tempat tinggalnya.

Di Pondok Tugu terdapat bedug besar sepanjang empat meter. Bedug inilah yang digunakan para santri dan masyarakat sekitar untuk mengumumkan bahwa waktu shalat sudah tiba. Apabila bedug ini ditabuh, maka orang Kafir (non Muslim) kota Pasuruan pusing tujuh keliling. Kaca-kaca rumah dan toko mereka pecah karena imbas dari gaung suara bedug yang bertalu-talu.

Bedug ini juga menyebabkan rusaknya mesin salah satu pabrik (konon, pabrik tebu) milik Belanda. Mesin pabrik yang harus bekerja nonstop selalu mati ketika bedug Tugu ditabuh.

Sehingga, tiap kali waktu shalat tiba, mesin pabrik itu mati dan tak dapat dihidupkan kembali sampai pelaksanaan shalat jamaah di pondok Tugu selesai.

Belanda yang merasa terganggu akan hal ini, mendatangi asal suara dan meminta untuk melenyapkan atau mengganti bedug tersebut. Akan tetapi, masyarakat tidak menggubris permintaan Belanda, bahkan masyarakat menyarankan agar bedug itu ditabuh lebih keras lagi dan lebih kencang.

Kekesalan Belanda tambah menjadi-jadi setelah melihat tidak ada perubahan pada kondisi mesin pabriknya. Dengan kata lain, mesin mereka selalu mati tatkala bedug itu ditabuh. Padahal mereka sudah meminta agar bedug itu dienyahkan atau paling tidak diganti.

Akhirnya, Belanda melampiaskan kekesalan ini kepada Kyai Abu Dzarrin. Belanda mengambil jalan pintas dalam menyelesaikan masalah dengan mengusir Kyai Abu Dzarrin dari Tugu.

Kyai Abu Dzarrin akhirnya memutuskan untuk pindah dari Tugu ke kampung sebelah, Karang Sono. Kedua kampung yang berdekatan ini masih berada dalam satu kawasan, desa Kedawung Kulon.

Kyai Abu Dzarrin pindah membawa semua barang-barang beliau ke Karang Sono. Semuanya dipindahkan tanpa terkecuali, termasuk rumah satu-satunya yang beliau miliki.

Para santri dikerahkan untuk memindahkan rumah beliau dari Tugu ke Karang Sono. Jarak yang tidak terlalu jauh antara keduanya membuat pemindahan ini berjalan cepat dan tidak menghabiskan banyak waktu. Tiap santri diharuskan membawa batu bata dan genteng, masing-masing satu buah.

Pemindahan ini berlangsung sekali jalan (dari Tugu ke Karang Sono) dan tidak ada yang bolak-balik. Hal ini menujukkan betapa banyaknya santri Kyai Abu Dzarrin kala itu.

7. Karomah Beliau

Bikin Belanda Tak Berdaya
Pada suatu hari, setelah Kyai Abu Dzarrin pindah, mesin milik Belanda mati lagi. Akan tetapi, kali ini mesin itu tidak bisa hidup lagi sampai shalat jamaah Kyai Abu Dzarrin selesai. Belanda merasa heran akan kondisi mesinnya. Biasanya, mesin akan hidup lagi apabila shalat jama’ah Kyai Abu Dzarrin telah selesai.

Belanda akhirnya harus mendatangkan montir dari luar negeri, akan tetapi hasilnya nihil. Berkali-kali montir luar negeri itu mencoba memperbaiki, tapi tetap saja mesin itu tidak hidup. Mesin masih tetap mati dan belum juga nyala. Sehingga Belanda berinisiatif mengundang Kyai Abu Dzarrin untuk memperbaiki mesin mereka.

Setelah mengadakan pencarian, Belanda menemukan Kyai Abu Dzarrin di tempat barunya di dusun Karang Sono. Lalu, Belanda mengutarakan maksud kedatangan mereka kepada beliau. Kyai Abu Dzarrin yang semenjak tadi diam mendengarkan penuturan Belanda berkata, “Kamu itu bagaimana, dulu kamu mengusir saya, sekarang kamu ke sini minta bantuan saya.”

Kyai Abu Dzarrin, adalah kyai yang selalu berkenan hadir jika diundang dan sulit hendak mengatakan ‘tidak bisa’ bila dimintai pertolongan oleh siapapun, termasuk Belanda. Oleh sebab itu, beliau bersedia mendatangi pabrik milik Belanda guna memperbaiki mesin yang rusak. Aneh bin ajaib, dengan sekali sentuh, mesin itu langsung menyala dan kembali berfungsi seperti sedia kala. Belanda geleng-geleng kepala keheranan melihat hal itu.

Dasar Belanda yang tak tahu terima kasih. Meski sudah pernah ditolong oleh Kyai Abu Dzarrin, mereka tetap mencari gara-gara dengan beliau dan tetap saja meresahkan masyarakat.

Pada suatu ketika, Belanda mengundang Kyai Abu Dzarrin untuk menghadiri acara yang mereka gelar. Dengan mempersiapkan sajian dan hidangan sesempurna mungkin, Belanda meminta Kyai untuk memasuki ruang jamuan yang telah mereka siapkan dengan susah payah.

Jamuan mewah penuh aneka ragam lauk-pauk dan makanan lezat mengisi piring-piring dan mangkok-mangkok di atas prasmanan. Namun, ketika Kyai Abu Dzarrin sampai di ruangan tersebut, nasi dan lauk pauknya raib tak berbekas dan hanya menyisakan piring serta bakulnya saja.

Tidak cukup sampai di situ kebejatan Belanda. Kebencian Belanda kepada Kyai Abu Dzarrin semakin menjadi-jadi. Banyak cara yang ada di benak mereka untuk menganiaya dan menyakiti beliau.

Masalahnya adalah, Kyai Abu Dzarrin terkenal sebagai Kyai sakti mandraguna. Maka dari itu, mereka tidak mau bentrok fisik dengan beliau. Mereka menggunakan cara lain tanpa melibatkan senjata berat.

Senin-kamis yang rutin beliau lakukan. Mereka mengundang Kyai Abu Dzarrin (dalam keadaan berpuasa) pada suatu acara. Mereka menyediakan gule anjing belang (hitam-putih) sabagai lauk-pauk dan berbagai sayur-mayur.

Syahdan, ketika Kyai datang dan makanan mau disajikan ke hadapan beliau, anjing yang sudah siap saji itu hidup lagi, melompat dan lari terbirit-birit sambil menggonggong. Sayur-sayuran yang tadinya siap untuk disantap, menjadi segar kembali seakan baru dipetik.

Yo opo sih koen iki, Do? Wong (anjing dan sayur-mayur) sek urip koen sugokno nang aku! Aku kon padakno bek wedus ta? Aku dikongkon mangan (sayur) kacang mentah, (Kamu ini bagaimana Do? Wong [anjing dan sayur-mayur] masih hidup kamu suguhkan kepada saya! Kamu samakan saya dengan kambing ya, kok disuruh makan [sayur] kacang yang masih mentah)”, kata Kyai Abu Dzarrin kepada Belanda. Belanda pun tidak tahu harus berbuat apa. Mereka benar-benar dibuat tak berdaya.

Sejak kejadian itu, Belanda semakin menaruh rasa dendam kepada Kyai Abu Dzarrin. Kebencian mereka semakin mendalam. Mereka muak untuk sekadar melihat raut muka beliau. Tidak hanya itu, mereka juga merasa jijik ketika melihat hal-hal atau pernak-pernik yang dimiliki oleh Kyai.

Pada suatu kesempatan, capil (topi caping untuk bercocok tanam) milik Kyai Abu Dzarrin tergeletak di tengah perempatan jalan. Capil ini menghambat kelancaran transportasi jalan tersebut. Dua perwira Belanda yang melihat capil itu, menanyakan siapa pemiliknya. Seseorang yang kebetulan melewati jalan tersebut mengatakan bahwa capil itu milik Kyai Abu Dzarrin, Tugu.

Setelah mendengar jawaban tadi, dua perwira Belanda tadi menendang capil Kyai kuat-kuat. Aneh bin ajaib, bukannya capil yang melayang, akan tetapi kedua perwira itulah yang terpelanting ke belakang.

Ada hal unik dari capil Kyai Abu Dzarrin itu. Konon, salah satu keistimewaannya adalah, ketika capil itu digerakkan dan diarahkan pada kapal terbang maupun tank milik Belanda, maka keduanya berhenti dan diam tak bergerak seketika itu juga.

Sangat banyak bentuk perlawanan masyarakat terhadap Belanda atas titah dan rekomendasi Kyai Abu Dzarrin. Dalam berjuang, beliau lebih mengedepankan kesabaran dan belas kasih. Sehingga, beliau sangat disayang oleh masyarakat sekaligus disegani oleh penjajah Belanda.

Salah satu peran beliau yang paling real adalah beliau selalu mendidik dan menekankan para santri dan masyarakat agar membiasakan salat berjema’ah dan tepat waktu. Hal ini dinyatakan berhasil berdasarkan bukti di lapangan.

Ketika suara bedug dan kentongan menggema bersautan, mereka (santri dan masyarakat) berbondong-bondong bergegas menuju masjid untuk melaksanakan salat berjamaah bersama beliau. Mereka melaksanakan hal ini tepat waktu, tak lain karena meneladani tokoh yang mereka segani, Kyai Abu Dzarrin.

Makam Beliau di Datangi Santri
Kealiman beliau akan ilmu gramatika Arab sudah terdengar sampai ke pulau seberang. Banyak santri yang rela menyeberangi keganasan ombak lautan hanya untuk mengais ilmu dari Mbah Kyai Abu Dzarrin. Sebut saja Syaikhona Muhammad Cholil bin KH Abdul Lathif Bangkalan, salah satu perintis NU sekaligus guru dari para pendirinya.

Keinginan Syekh Cholil muda yang kala itu berusia 11 tahun untuk mempelajari dan memperdalam ilmu agama, terutama sintaksis (Nahwu), beliau hijrah ke daerah Pasuruan. Di kabupaten yang terkenal dengan kota santri ini, Syekh Cholil mencari guru sesuai dengan perintah ayah beliau, KH. Abdul Lathif. Ayah beliau menyuruh Cholil untuk mencari Kyai ’allâmah, ahlul-‘ilmi dan digdaya di Pasuruan, yakni Mbah Tugu (KH. Abu Dzarrin).

Setelah sampai di Tugu, Syekh Cholil mendapatkan hal yang tidak pernah beliau sangka sebelumnya. Kyai Abu Dzarrin sudah berpulang ke rahmatullâh, bahkan sudah ditahlili untuk yang ketujuh kalinya. Hal ini membuat beliau bersedih dan hampir putus asa.

Dengan rasa penuh penyesalan karena merasa terlambat, Syekh Cholil muda berziarah ke makam Kyai Abu Dzarrin. Di depan peristirahatan terakhir beliau, Syekh Cholil menyampaikan salam ayahanda beliau kepada Kyai Abu Dzarrin. Syahdan, makam Kyai Abu Dzarrin pun merekah (sebagai pertanda jawaban salam) dan membuat Syekh Cholil terkejut akan hal yang terjadi di hadapan beliau.

Mengajar lewat Mimpi
Setelah menyaksikan kejadian itu, Syekh Cholil muda berkesimpulan bahwa Kyai Abu Dzarrin hanya wafat jasadnya saja, sedangkan sukma dan ruh beliau masih sugeng (hidup).

Lantas Syekh Cholil muda berkata (di samping makam Kyai Abu Dzarrin), “Yai…, saya mendatangi sampeyan jauh-jauh dari Madura, akan tetapi setelah sampai di sini ternyata panjenengan sudah wafat. Kalau panjenengan tidak mengajari saya, saya tidak akan beranjak dari tempat ini.”

Setelah berkata demikian, Syekh Cholil muda beritikad untuk mengaji di pesarean Kyai Abu Dzarrin. Di sana, beliau mengaji Al-Qur’an tiada henti selama empat puluh satu hari empat puluh satu malam.

Setelah menyelesaikan mengaji ini (riyâdhah bâthiniyyah), Syekh Cholil muda merasa lelah dan mengantuk sekali, sehingga beliau terlelap dan tertidur pulas beberapa saat. Dalam tidur singkat ini, beliau bermimpi diajari langsung oleh Kyai Abu Dzarrin.

Kyai Abu Dzarrin memberikan semua ilmu yang beliau miliki kepada Syekh Cholil muda. Termasuk mengajari beliau tujuh kitab fan ilmu Nahwu sekaligus. Di antaranya, Ibnu ‘Aqîl (Syarah Alfiyyah Ibni Mâlik), Ajurrûmiyyah, dan Asmawi.

Dalam waktu yang relatif singkat, Syekh Cholil muda sudah hafal dan bahkan menguasai Ilmu Nahwu sampai ke seluk-beluknya. Tak heran, jika dalam suatu ketika beliau ditanya tentang segala ilmu pengetahuan, beliau selalu menjawab dengan menggunakan Nazham Alfiyyah Ibni Mâlik, karya Syekh Muhammad bin Abdullah Al-Andalusi. Wallâhu A’lam bish-shawâb.

8. Referensi

  1. Redaksi Majalah Ijtihad, Jejak Langkah 9 Masayikh Sidogiri, Pasuruan, Jawa Timur.
  2. Sidogiri.net https://sidogiri.net/category/masyayikhsidogiri/page/6/

https://www.laduni.id/post/read/517784/biografi-kh-abu-dzarrin-seorang-santri-menjadi-pengasuh-pesantren-sidogiri.html