Biografi Alwi bin Ubaidillah bin Ahmad Al-Muhajir bin Isa

Daftar Isi

1          Riwayat Hidup dan Keluarga
1.1       Lahir
1.2      Nasab
1.3       Wafat

2          Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau
2.1       Masa Menuntut Ilmu
2.2       Guru-Guru Beliau

3          Penerus Beliau
3.1       Anak-anak Beliau

4         Kepribadian
4.1      Seorang Dermawan dan Tawadhu

5         Referensi

1.1       Lahir

Beliau, Al-Imam Muhammad bin Alwi, dilahirkan di daerah Bait Jubair (di Hadramaut) dan dibesarkan disana. Beliau mengambil ilmu langsung dari ayahnya dan juga dari beberapa ulama yang hidup di jamannya. 

Beliau adalah orang yang pertama kali diberi nama Alwi, yaitu nama yang asalnya diambil dari nama burung yang terkenal. Beliau dikaruniai banyak keturunan, tersebar dan baik. Keturunan beliau ini dikenal dengan nama keluarga Ba’alawy. Jadi setiap keluarga Ba’alawy di seluruh dunia pasti bernasabkan diri kepada beliau. Keturunan beliau, keluarga Ba’alawy, tersebar di seluruh antero negeri. Nasab mereka lebih terang daripada sinar matahari dan cahaya rembulan.

1.2       Nasab

Al-Imam Alwi – Ubaidillah – Ahmad Al-Muhajir – Isa Ar-Rumi – Muhammad An-Naqib – Ali Al-’Uraidhi – Ja’far Ash-Shodiq – Muhammad Al-Baqir – Ali Zainal Abidin – Husain – Fatimah Az-Zahro – Muhammad SAW

1.3       Wafat

Beliau meninggal juga di tempat kelahirannya pada tahun 512 H.

2.1       Masa Menuntut Ilmu

Semenjak kecil beliau dididik langsung oleh ayahnya dan berjalan pada thariqah yang telah ditempuh oleh ayahnya. Beliau gemar mendalami ilmu dan selalu menyibukkan dirinya untuk menuntut ilmu, sehingga beliau berhasil menguasai berbagai macam ilmu. Beliau juga adalah seorang yang hafal Al-Qur’an. Selain menuntut ilmu di Hadramaut, beliau juga menuntut ilmu sampai ke kota Makkah dan Madinah.

2.2       Guru-Guru Beliau

Ubaidillah bin Ahmad Ahmad Al-Muhajir bin Isa

3.1       Anak-anak Beliau

Anak beliau yang menjadi penerus beliau menjadi ulama adalah:

  1. Imam Muhammad   

4.1       Seorang Dermawan dan Tawadhu

Al-Imam Alwi juga mewarisi sifat-sifat kebaikan dari ayahnya. Beberapa ahli sejarah menyebutkan dan memuji kehidupan beliau. Beliau seorang imam, ulama, ahli zuhud dan ibadah. Selain itu, beliau juga seorang yang dermawan dan tawadhu. Sosok orang yang sering sekali berpuasa sunnah, dan selalu beribadah di sepanjang malamnya. Sangat dermawan dan penuh dengan kebaikan.

Diceritakan dalam salah satu riwayat, yaitu ketika beliau hendak melaksanakan perintah haji dan berziarah ke makam kakeknya Rasulullah SAW. Ikut di dalam rombongan beliau sekitar 80 orang, belum termasuk para pembantu dan sanak kerabatnya. Ikut juga di dalamnya saudaranya yang bernama Jadid. Itu semua beliau yang menanggung biaya perjalanannya. Ditambah lagi beliau sering bersedekah kepada orang lain di saat perjalanan pulangnya. Beliau juga membawa unta-unta dalam jumlah yang banyak untuk dipakai buat orang-orang yang lemah dalam rombongannya.

“Riwayat Hidup Para Wali dan Shalihin”
Penerbit: Cahaya Ilmu Publisher

https://www.laduni.id/post/read/73519/biografi-alwi-bin-ubaidillah-bin-ahmad-al-muhajir-bin-isa.html