Info Harian Laduni.ID: 14 Mei 2024

Laduni.ID, Jakarta – Sebagai pengingat kita semua, hari ini Selasa, 14 Mei 2024 bertepatan dengan hari lahir Habib Muhammad bin Alwi Al-Atthas dan hari wafatnya Syekh H. Ibrahim Budi Lamno.

Al Habib Walid Muhammad lahir di Desa Subik, Ujung Pandang, Makassar, Sulawesi Selatan, pada 14 Mei 1934, sebagai putra dari Al Habib Alwi bin Husin bin Hasan Al bin Hood Al-Atthas dan Rugayyah binti Alwi bin Abdullah bin Sahl Jamalullail. Pada usia 21 tahun, ia menikah dengan Syarifah Khadijah binti Alwi bin Ali Assofi Asseggaff. Ia wafat pada 6 Februari 1995 dan dimakamkan di kompleks pemakaman Al Habib Ahmad bin Alwi Al Umar Al Haddad di belakang Kalibata Mall, Jakarta.

Al Habib Walid Muhammad menghabiskan puluhan tahun mempelajari ilmu nasab dengan berkeliling ke berbagai tempat. Motivasi ini muncul dari sindiran yang meragukan kemampuannya, seperti “Mana mungkin orang dari pedalaman bisa mengerti nasab”. Ia membuktikan keraguan tersebut salah dengan menjadi ahli nasab yang disegani. Ia menjalin hubungan baik dengan ahli nasab seperti Al Isa bin Muhammad bin Al Qatmyr Al-Kaff dan Al Habib Ibrahim bin Muhammad Al Kaff dari Singapura. Ia juga mendidik santri seperti Al Habib Zainal Abidin bin Segaf Assegaf.

Masa kecil Habib Muhammad dihabiskan di Ujung Pandang. Ia pernah diajak pamannya, Al Habib Ali bin Husin bin Hasan bin Hood Al-Atthas, merantau ke Pekalongan, Jawa, namun kemudian kembali ke Ujung Pandang. Pada umur 15 tahun, ia merantau ke Surabaya dan bekerja dengan Al Habib Ja’far Aidid. Setelah menikah, ia mengelola pabrik tenun di Gapuro, Gresik, atas kepercayaan mertuanya. Pada tahun 1981, ia hijrah ke Jakarta dan tinggal di Jl. Cililitan Kecil, Jakarta Timur. Mulai tahun 1989, ia menjaga kemurnian dan kelestarian ilmu nasab hingga akhir hayatnya.

https://www.laduni.id/post/read/525827/info-harian-laduniid-14-mei-2024.html